Carian
Menurunkan Tingkat Kecemasan Dengan Berlari 
June 27, 2023 Arifin

Tahukah Anda aktivitas fisik dan kesehatan mental memilki keterkaitan? Dikarenakan kondisi fisik dan mental seseorang terhubung dan saling memengaruhi satu sama lain.

Keterkaitan fisik dan mental dapat dirasakan, ketika mental terganggu, maka dapat sakit perut, sakit leher, sakit pinggang. Pun begitu jika sakit fisik, maka mental juga dapat terdampak.

Beraktivitas fisik secara baik dapat berdampak positif pada kesehatan mental. Di antaranya olahraga lari yang bermanfaat untuk menurunkan tingkat kecemasan karena bisa mendorong produksi hormon endorfin yang membuat perasaan menjadi lebih bahagia.

Olahraga lari memang cukup efektif dalam menurunkan kecemasan, namun tetap perhatikan pula kondisi pribadi masing-masing. Apakah lari cocok untuk seseorang, jika lari malah membuat stres, berarti bukan kegiatan yang cocok buat orang tersebut.

Kala melakukan rutinitas olahraga lari tidak disarankan untuk memaksakan diri dengan berlari sejauh atau selama mungkin, tetapi perlu disesuaikan dengan kapasitas serta kemampuan tubuh masing-masing. Berlarilah sekuatnya dan secukupnya. Dengarkan badan, kapan mesti cepat, kapan mesti berhenti.

Selain berlari, ragam kegiatan yang bisa dilakukan untuk meredakan kecemasan dan masalah mental, di antaranya dengan melakoni hobi, mendengarkan musik, bercengkerama dengan sahabat, rehat sejenak dari rutinitas sehari-hari.

Ingatlah untuk mewaspadai tanda-tanda kemunculan masalah mental, seperti kesulitan tidur, tidak nafsu makan, enggan bertemu orang banyak dan melakukan pekerjaan, kondisi emosional yang lebih sensitif.

Baiknya jangan menunggu hingga rasa cemas datang untuk memulai rutinitas olahraga serta jangan menunggu masalah kesehatan mental memburuk baru mencari bantuan psikolog profesional.

Sumber: Antara

Komen