Carian
Berpetualang Dengan Rasa Ingin Tahu Anak 
June 27, 2023 Arifin

Libur anak sekolah telah tiba. Ayah-bunda telah memiliki rencana untuk mengisi liburan dengan ananda? Ragam opsi, ragam destinasi. Mari hadirkan kebermaknaan pada musim liburan.

Menarik untuk menilik lagu Lihatlah Lebih Dekat yang kembali lagi menggema seiring akan dirilisnya film Petualangan Sherina 2.  

Mengapa bintang bersinar?

Mengapa air mengalir?

Mengapa dunia berputar?

Lihat segalanya lebih dekat

Dan kau akan mengerti

Rasa ingin tahu tentang alam, sosial, lazimnya tumbuh berkembang pada anak. Buah hati ingin mengetahui segala hakikat terkait dunia. Maka tak ayal mereka berhenti untuk memperhatikan, lalu bertanya pada orang tuanya.

Rasa ingin tahu, penasaran, itu perlu untuk terus dihadirkan dan ditumbuhkan. Di antaranya dengan menyiapkan destinasi liburan yang menyokong hal tersebut. Jika tak kemana-mana, di rumah saja, ayah-bunda pun dapat menghadirkan semangat pencarian ilmu tersebut. Misalnya dengan melakukan percobaan sederhana yang melibatkan konsep ilmu pengetahuan alam.

Rasa ingin tahu juga dapat dihadirkan dengan dialog antara orang tua dan anak. Menjadi orang tua bukan berarti paling tahu. Mari bersama “berlayar mengejar pijar” ilmu pengetahuan. Ajak anak untuk mengemukakan pendapatnya. Izinkan ananda untuk bertanya tentang rupa-rupa kepada orang tuanya. Jika pertanyaan anak, belum bisa kita temukan jawabnya, ajak mereka untuk sama-sama mencari tahu kira-kira jawabannya apa ya.

Nuansa liburan, pun dapat menjadi bermakna pembelajaran dimana-mana. Baik itu dalam perjalanan maupun ketika telah sampai di objek wisata tertentu. Jika memilih opsi naik kereta api misalnya, ayah-bunda bisa mengajukan pertanyaan mengapa ada celah pada sambungan rel (yang jawabannya bisa dikaitkan dengan konsep memuai dan menyusut).

Pun begitu ketika sampai di tempat tujuan, misalnya di tempat yang bernuansa alam permai, dapat dikaitkan dengan krisis iklim, kualitas udara-kualitas air; tentunya kesemuanya “dibungkus” dengan kegembiraan dan cara yang mengasyikkan bagi anak. Anak pun dapat diikutkan kala berbelanja, mulai dari ikut menghitung, dengan bujet tertentu sebaiknya membeli apa, serta berinteraksi dengan pedagangnya.

Komen