Carian
Ragam Kebiasaan Yang Dapat Mencetuskan Risiko Penyakit Diabetes
July 10, 2023 Arifin

Diabetes merupakan penyakit berbahaya yang dapat timbul ketika menjalani gaya hidup dan pola makan tidak sehat, seperti mengonsumsi makanan siap saji dan makanan manis secara berlebihan serta stres tidak terkelola.

Terdapat aneka kebiasaan tidak sehat yang bisa menimbulkan risiko penyakit diabetes, di antaranya pola makan tidak sehat. Mengonsumsi makanan yang berbahan tepung putih, junk food, karbohidrat olahan, minuman berkarbonasi, makanan olahan kaya gula bisa meningkatkan risiko diabetes.

Deretan makanan tersebut bisa menyebabkan obesitas yang merupakan salah satu faktor risiko terkuat untuk diabetes. Obesitas menyebabkan kelebihan lemak tubuh terutama di sekitar perut yang meningkatkan resistensi insulin dan kadar gula darah.

Kebiasaan tidak sehat berikutnya yakni kurangnya aktivitas fisik. Jika seseorang pekerja kantoran, lalu menghabiskan waktu berjam-jam dengan duduk, maka waspadalah sebagai penyebab kurangnya aktivitas fisik.

Gaya hidup minim aktivitas fisik ditambah dengan kebiasaan makan yang tidak sehat, kurang tidur, sres yang tinggi bisa meningkatkan tingkat hormon stres kortisol dan vasopresin dalam tubuh. Semua faktor tersebut merupakan penyebab dari diabetes.

Seseorang dapat mencoba olahraga sederhana secara teratur dalam bentuk apa pun seperti berjalan, berlari, yoga, aerobik, setidaknya lima hari seminggu untuk membantu membakar kalori dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Sementara itu kebiasaan tidak sehat lainnya yakni mengonsumsi karbohidrat rafinasi. Makanan seperti tepung maida, gula rafinasi merupakan salah satu penyebab dari obesitas dan diabetes. Dikarenakan gula rafinasi dan maida telah dicerna dalam bentuk karbohidrat, kandungannya dapat cepat diserap ke dalam aliran darah dan menyebabkan lonjakan gula, yang mendorong peningkatan jumlah insulin yang tinggi.

Bandingkan dengan karbohidrat kompleks yang dicerna secara perlahan sehingga kadar gula dalam darah juga naik perlahan dan sekresi insulin berlangsung lebih fisiologis.

Kebiasaan tidak sehat berikutnya yakni merokok. Asap rokok mengandung bahan kimia berbahaya dan karsinogen memengaruhi setiap organ tubuh serta dapat meningkatkan risiko diabetes. Rokok dapat menyebabkan resistensi insulin dan mengganggu produksi dan pemanfaatan insulin dalam tubuh.

Kebiasaan tidak sehat lainnya yakni stres. Bila seseorang menjalani gaya hidup dengan tingkat stres tinggi serta tidak menemukan cara untuk menangani stres dengan baik, dapat memengaruhi kadar gula darah yang menjadi pemicu diabetes.

Kebiasaan tidak sehat lainnya yakni mengonsumsi minuman beralkohol. Hati merupakan organ detoksifikasi dan penstabil gula tubuh. Kelebihan kadar alkohol dalam tubuh dapat merusak hati yang memicu ketidakseimbangan gula dalam tubuh. Alkohol pada dasarnya merupakan kalori kosong tanpa manfaat gizi sehingga bisa meningkatkan risiko obesitas dan diabetes.

Ketahuilah membuat perubahan positif pada kebiasaan gaya hidup dapat secara signifikan mengurangi risiko terkena diabetes. Mari mengelola gaya hidup untuk kesehatan dan mencegah risiko penyakit.

Sumber: Hindustan Times, Antara

Komen