Carian
Pemain Sepak Bola & Pesawat, Dari Kecelakaan Hingga Fobia 
July 11, 2023 Arifin

Pemain sepak bola dan pesawat terbang merupakan hal yang seiring sejalan. Dari satu pertandingan ke pertandingan lainnya, untuk menempuhnya, pesawat terbang merupakan moda transportasi yang kerap digunakan.

Meski begitu sejumlah cerita sedih serta fobia menyertai tentang relasi pesepakbola dan pesawat terbang. Yang berada di top of mind yakni Tragedi Munich pada 6 Februari 1958. Sebuah penerbangan British European Airways jatuh tepat setelah lepas landas dari Bandara Munich, Jerman. Sebanyak 23 orang meninggal dunia dalam kecelakaan itu, termasuk 8 pemain Manchester United (MU) yang baru saja lolos ke semifinal Liga Eropa (European Cup) atau sekarang dikenal dengan Liga Champions.

Pada laga tim Setan Merah pada 6 Februari atau berdekatan pada tanggal itu, para pemain MU menggunakan ban hitam di lengan sebagai momen peringatan Tragedi Munich.

Masih terkait kecelakaan pesawat dan pemain sepak bola, yang masih “hangat” di ingatan kejadian yang menimpa Emiliano Sala. Emiliano memecahkan rekor transfer termahal Cardiff City dengan biaya 15 juta pounds, yang disepakati dengan Nantes saat bursa transfer Januari.

Setelah melakukan perjalanan ke Cardiff untuk menyelesaikan kesepakatan, Sala kembali ke Prancis guna mengumpulkan barang-barang dan mengucapkan selamat tinggal kepada rekan-rekan setimnya di Nantes. Dalam penerbangan balik ke ibu kota Wales pada 21 Januari 2019, untuk menjalani sesi latihan perdananya, pesawat ringan yang dinaikinya itu jatuh. Pesawat jatuh ke laut dekat pulau Guernsey di Channel, menewaskan Emiliano Sala dan pilot David Ibbotson.

Dari tragedi, mari mengalihkan fokus pada fobia. Bagi generasi 1990-an tentu mengenal Dennis Bergkamp. Striker asal Belanda yang identik dengan klub Arsenal ini dikenal sebagai pesepakbola yang fobia naik pesawat. Kecemasannya berada di ketinggian membuatnya dijuluki Non-Flying Dutchman.

Bergkamp lebih memilih naik kendaraan darat seperti mobil atau kereta. Jika ada pertandingan yang terlalu jauh, ia bahkan rela absen di laga penting.

Sumber: Independent, Kompas

Komen