Carian
Mengupayakan Ikigai Dalam Keseharian 
July 11, 2023 Arifin

Ikigai merupakan istilah Bahasa Jepang yang artinya “alasan untuk hidup”. Orang yang menerapkan Ikigai memiliki alasan untuk hidup, tahu harus memperjuangkan sesuatu, serta memiliki harapan. 

Terdapat sejumlah kiat untuk melakoni Ikigai yakni tetaplah aktif, jangan pensiun. Sekalipun karier “resmi”-mu telah berakhir, tetaplah lakukan sesuatu yang bernilai, buat progres, bantulah lingkungan sekitar-hadirkan kebermanfaatan.

Tips lainnya yakni dengan mengelilingi dirimu dengan teman-teman yang baik. Sahabat adalah obat terbaik, mereka dapat memupuskan kekhawatiranmu sembari mengobrol, berbagi cerita membuat cerah harimu, mendapatkan saran, ataupun bergembira bersama.

Terapkan senyum. Tak hanya sebagai relaksasi, namun sebagai rasa syukur akan semua anugerah yang didapatkan serta dapat membuka peluang kemungkinan dari hal yang terlihat sederhana: senyum.

Terkoneksi dengan alam. Anda adalah bagian dari alam. “Recharge bateraimu” dengan berada di alam, terhubung dengan alam. Bisa dengan grounding, memelihara tanaman, rutin ke ruang terbuka hijau, dan sebagainya.

Kiat lainnya yakni dengan bersyukur. Bersyukur kepada Tuhan yang memberimu udara untuk bernapas, makanan yang dirimu santap, memiliki teman dan keluarga. Setiap hari lengkapi waktumu dengan bersyukur dan berterima kasih.

Salah satu pilar dari Ikigai adalah hadir di tempat dan waktu sekarang. Sepenuhnya berada di momen yang ada. Tekun pada aktivitas yang sedang dikerjakan. Usah terlalu berlarut menyesali masa lalu ataupun terlampau khawatir terhaadap masa depan. Fokuslah pada kini dan apa yang dapat dikerjakan kini, buatlah menjadi layak untuk dikenang.

Sumber: Library Mindset

Komen