Carian
Lebih Dekat Dengan Alam Di Akhir Pekan 
July 13, 2023 Arifin

Menuju akhir pekan, apakah Anda telah memiliki rencana? Melakukan kegiatan yang mendekatkan diri ke alam dapat menjadi opsi. Setiap minggu pagi, Jakarta Creative Zone: Riverview by JXB mengadakan kegiatan edukasi sungai bersama Khatulistiwa Respon Tim.

Anda diajak untuk menyusuri sungai Ciliwung tepatnya di Banjir Kanal Barat, sembari diberikan edukasi tentang pentingnya kebersihan sungai. Tak sekadar pasif, Anda pun diajak untuk ikut mengambil sampah yang ada di sungai Ciliwung.

Kegiatan tersebut dapat menjadi pengalaman baru untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Kegiatan ini gratis. Untuk informasi lebih lanjut dapat dipantau di Instagram @jxboard.

Mendekatkan diri ke alam juga dapat dilakukan dengan menyertakan anak, di antaranya dengan pergi ke taman. Earthing dan grounding dapat dilakukan. Aktivitas yang dilakukan berupa kontak langsung antara kulit dengan permukaan bumi. Misal jalan tanpa alas kaki di tanah, memegang batang pohon tanpa sarung tangan.

Kegiatan itu membantu menstimulasi anak saat sedang belajar berjalan karena banyak rangsangan (kaki menyentuh tanah serta rumput yang bertekstur, menggelitik). Rangsangan yang didapat akan berpengaruh pada perkembangan motorik dan sensorik anak.

Bermain di taman juga dapat membantu meningkatkan pengetahuan serta kepekaan indra peraba dan perasa anak melalui tumbuhan, batang pepohonan, dedaunan, bebatuan, dan sebagainya.

Taman juga dapat mengaktifkan indra anak, seperti indra pendengaran, penglihatan; di antaranya dengan mendengar suara burung, gesekan antar ranting pohon, melihat warna tanaman yang cerah.

Sumber: Ayo ke Taman, Jakarta Experience Board

Komen