Carian
Tips Mencukur Brewok Yang Baik Bagi Kesehatan Kulit Wajah 
July 21, 2023 Arifin

Tahukah Anda rutin mencukur rambut di wajah atau brewok sangat penting bagi kesehatan kulit. Jika ditilik dari sisi medis, jika wajah seseorang banyak ditumbuhi kumis, jenggot, sebenarnya dapat jadi media pertumbuhan bakteri. Dikarenakan kulit seseorang jadi lebih lembab, pertumbuhan bakteri juga makin banyak. Alhasil dapat menimbulkan infeksi. Maka penting kiranya untuk rajin bercukur agar bersih serta terawat.

Mencukur brewok tergantung masing-masing individu. Bila seseorang memiliki hormon testosteron lebih tinggi maka rambut di wajahnya akan semakin lebat. Namun lazimnya pertumbuhan rambut di wajah sekitar 0,5 sampai 1 cm per bulan. Jadi disarankan minimal sekali seminggu bercukur.

Guna mencegah iritasi saat bercukur, sebaiknya para pria mencuci wajah terlebih dulu dengan air hangat. Dengan begitu pori-pori kulit wajah akan terbuka serta kumis juga brewok pun akan lebih mudah untuk dicukur.

Sedangkan bila telah terjadi iritasi, disarankan agar para pria menghindari sabun wajah yang mengandung banyak alkohol. Dikarenakan sabun yang beralkohol bisa menyebabkan luka menjadi perih. Jadi cukup cuci muka memakai air biasa atau menggunakan sabun bayi. Jangan memakai sabun yang pH-nya terlalu basa atau terlalu banyak alkohol.

Pemberian moisturizer juga dapat membantu meredakan iritasi pada kulit. Bila belum membaik, dapat menggunakan krim yang mengandung antibiotik untuk mencegah terjadinya infeksi dan mencegah terjadinya keloid.

Tips lainnya para pria sebaiknya mencukur brewok sesuai dengan arah pertumbuhan rambut agar tidak terjadi luka. Bila arah pertumbuhan rambutnya ke bawah, usahakan saat cukur itu jadinya dari atas ke bawah. Jangan dilawan, karena bila dilawan dapat menimbulkan luka. Jadi mari menyesuaikan dengan arah pertumbuhan rambut.

Sumber: Antara

Komen