Carian
Meningkatkan Pemahaman Bacaan Dengan Menulis 
July 25, 2023 Arifin

Ada berapa banyak bacaan yang telah seseorang rampungkan? Telah sejauhmana pemahaman terhdap hal yang dibaca? Menuliskan bacaan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman terhadap bacaan.

Apa yang kita baca, diajak aktif dengan menuliskannya. Berliterasi bukan sekadar membaca. Tetapi membaca untuk memahami serta mengkritisi dan memberikan pendapat lain dari apa yang telah dibaca. Dengan demikian bisa jadi kita setuju dengan pendapat penulis, atau malahan kontra.

Hakikat dari membaca yakni bernalar, untuk kemudian menemukan hubungan kausalitas antara satu petanda dengan petanda lainnya. Maka membaca merupakan bagian dari pembelajaran, untuk kemudian dari apa yang dibaca dapat dilakukan refleksi ataupun memiliki catatan balik tentang apa kiranya yang dipahami dari bacaan tersebut.

Refleksi maupun catatan balik ini memungkinkan seseorang untuk meninjau, membaca bahan yang sama berkali-kali. Tentu peluang untuk paham akan lebih besar bila telah dibaca lebih dari sekali.

Apabila setuju terhadap apa yang dibaca, maka seseorang dapat mengaitkan dengan karya lain yang senada, yang mendukung isu utama yang diangkat. Dengan begitu semakin dalamlah pengayaan ilmu orang tersebut terhadap suatu isu.

Pun jika kontra terhadap apa yang dibaca, maka poin-poin keberatan dapat dibedah. Mengapa tidak setuju terhadap hal ini. Mengapa tidak setuju terhadap hal itu. Tentu refleksi, catatan balik tersebut membutuhkan nalar, daya baca, untuk kemudian melatih berargumentasi pula melalui menulis.

Dari satu bacaan pun dapat sambung-menyambung ke bacaan lainnya, dikarenakan refleksi serta catatan balik tersebut. Menariknya seseorang dapat mengaitkannya dengan berbagai sudut pandang, entah itu dari pengalaman, bacaan sebelumnya, dan sebagainya.

Tepat kiranya apa yang diutarakan Imam Syafi’i:

Ilmu adalah buruan dan tulisan adalah ikatannya

Ikatlah buruanmu dengan tali yang kuat

Termasuk kebodohan kalau engkau memburu kijang

Setelah itu kamu tinggalkan terlepas begitu saja

Komen