Carian
Indra Penciuman, Sinyal Bahaya Hingga Kemampuan Mengingat 
July 26, 2023 Arifin

Hidung dan indra penciuman, sejauhmana hal tersebut akrab, terstimulasi, serta digunakan dengan sungguh. Hidung dan indra penciuman, di antaranya dapat menjadi pengingat bahaya, peringatan. Contohnya untuk mendeteksi apakah suatu makanan masih layak makan – bisa dicium terlebih dahulu aromanya untuk mencari tahu.

Peringatan bahaya, maka dikenallah anjing pelacak. Ada beberapa jenis tertentu yang paling sering digunakan oleh polisi untuk menjadi anjing pelacak. Yakni Rottweiler, German Shepherd, Labrador Retriever, Bullmastif, Belgian Malinois.

Secara definisi anjing pelacak merupakan anjing yang telah dilatih untuk menggunakan indranya (hampir selalu menggunakan indra penciuman) untuk mendeteksi substansi seperti bahan peledak, obat-obatan terlarang, selundupan hewan atau tumbuhan, uang, atau darah.

Salah satu alasan anjing digunakan untuk melacak yakni anjing memiliki lebih dari 3 juta reseptor penciuman, 50 kali lipat lebih banyak dibandingkan reseptor manusia.

Adapun untuk menstimulasi hidung serta indra penciuman, jika menilik masa bersekolah dahulu, Pramuka merupakan salah satu kegiatan yang layak diapresiasi. Ada kegiatan menebak bahan-bahan dapur, dengan menggunakan hidung untuk menerka bahan apa dari aromanya.

Seseorang pun dapat menstimulasi, mengaktifkan hidung serta indra penciumannya, di antaranya dengan mencium aroma hujan, mencium aroma kertas pada buku, membaui bunga, membaui dan mendekatkan makanan ke hidung.

Hal membaui makanan menunjukkan interaksi panca indra. Orang yang makan ingin mengetahui aroma makanannya seperti apa, serta dapat menambah paripurna perasaan ketika bersantap.

Menarik pula fakta dari penelitian yang dimuat di jurnal Cerebral Cortex, bahwa otak memiliki kemampuan untuk menyimpan memori aroma dalam waktu yang lama. Maka tak mengherankan jika kita masih mengingat aroma sedap masakan ibu kita di masa lalu. Lalu, ketika kita mengenang aroma masakan ibu, kita juga bahkan bisa membayangkan suasana pada saat bersama ibu atau orang terdekat lainnya.

Komen