Arifin Diterbitkan 27 July 2023

Cara Membuat Bekal Anak Yang Sehat 

Tahun ajaran baru telah dimulai. Kembali ke sekolah ditempuh anak-anak. Bagi orang tua perlu kiranya untuk memberikan bekal anak yang sehat. Untuk itu penting kiranya memperhatikan komposisi gizi yang perlu didapatkan anak.

Perhatikan kebutuhan karbohidrat, protein, sayur, dan buah untuk anak. Misalnya karbohidrat bisa dengan jagung rebus, proteinnya dari susu UHT, lalu sertakan pula sayuran dan buah potong.

Contoh lainnya dengan membuat bihun goreng, yang dapat ditambahkan sayur serta ayam atau pun telur. Dengan begitu kebutuhan protein, serat, karbohidrat anak terpenuhi.

Kuncinya adalah memperhatikan komposisi gizi pada bekal yang dibawa anak. Orang tua juga perlu mengetahui bahwa kebutuhan gizi setiap anak berbeda-beda. Maka penting bagi orang tua untuk memeriksakan anak secara rutin untuk mengetahui berapa banyak gizi yang dibutuhkan anak.

Terdapat angka kecukupan gizi sesuai dengan masing-masing usia. Teruntuk anak balita dapat dipantau dengan melihat kurva pertumbuhan normal balita berdasarkan indeks antropometri berat badan menurut umur dan berdasarkan jenis kelamin.

Dengan pemeriksaan berkala dan memantau kurva pertumbuhan anak, maka orang tua dapat menghindarkan anaknya dari stunting karena kebutuhan gizi anak dapat terpantau.

Sumber: Antara