Carian
Bulan Agustus: Kemerdekaan, Diskon, Hingga Senjata Nuklir 
August 7, 2023 Arifin

Bulan Agustus di Asia Tenggara terasa istimewa. Dikarenakan pada bulan tersebut, sejumlah negara merayakan hari kemerdekaannya. Singapura pada  9 Agustus, Indonesia pada 17 Agustus, dan Malaysia pada 31 Agustus.

Peristiwa yang terjadi pada 6 dan 9 Agustus 1945 di kota Hiroshima serta Nagasaki dimana serangan bom atom terjadi, menurut ahli sejarah turut memengaruhi waktu berakhirnya Perang Dunia II, termasuk berperan pada kemerdekaan sejumlah negara, seperti deretan negara yang disebutkan di atas.

Pada konteks kekinian, kemerdekaan dirayakan dengan sejumlah cara. Di antaranya dengan mengadakan sejumlah permainan baik di lingkup tempat tinggal maupun di sekolah. Semangat mengenang sejarah, serta mengingat nikmatnya kemerdekaan.

Di samping itu sejumlah potongan harga pun dilakukan sejumlah jenama, tempat wisata, untuk menyambut dan merayakan kemerdekaan. Adakah Anda telah memantau mana-mana yang mau dituju atau tertarik membeli sesuatu dikarenakan promo kemerdekaan?

Menilik apa yang terjadi pada 6 dan 9 Agustus 1945, pada tahun ini “disegarkan” ingatannya dengan film Oppenheimer karya sutradara Christopher Nolan. Bagaimana dilema yang dihadapi Oppenheimer, bagaimana “dapur” si “Little Boy”, serta situasi zaman tersebut.

Di tengah pertikaian Rusia serta Ukraina yang masih terjadi, perkara senjata nuklir kembali mengapung. Akankah terjadi lagi peristiwa macam Hiroshima dan Nagasaki?

Bom atom, juga mengapungkan ingatan tentang konsep senjata pemusnah massal. Hal yang juga identik pada film bergenre aksi, spionase. Bagaimana para protagonis berusaha mencegah kemusnahan bumi beserta penduduknya, karena tokoh antagonis memiliki akses ke senjata pemusnah massal.

Film apa yang paling Anda ingat dengan template seperti itu? Kalau saya, Mission: Impossible yang telah merentang di lebih dari dua dekade. Lalu ada juga film Prince of Persia: The Sands of Time, dimana penyerangan kota suci Alamut, dikarenakan isu, informasi bahwa kota ini telah menjual senjata pemusnah massal kepada musuh Persia.

Komen