Carian
Sejumlah Lagu Yang Dapat Menjadi Pengantar Tidurmu 
August 9, 2023 Arifin

Seperti dilansir Sleep Foundation, mendengarkan musik atau lagu yang menenangkan sebelum tidur dapat membuat saraf parasimpatis yang mengontrol jantung dan organ vital jadi lebih rileks. Akibatnya, detak jantung dan pernapasan jadi lebih lambat, tekanan darah turun, dan otot-otot di tubuh tak lagi tegang. Dengan begitu, tubuh Anda jadi lebih siap beristirahat.

Lantas musik atau lagu apa saja yang sekiranya dapat menjadi pengantar tidur? Melansir Reader’s Digest, lagu yang disetel, serta dipilih dapat yang bertempo lambat antara 60 BPM sampai 80 BPM. Tempo tersebut disesuaikan dengan detak jantung manusia saat tertidur. Kompas mewartakan, mendengarkan musik bertempo lambat sebelum tidur, efeknya bisa mirip dengan meditasi.

Berikut dikongsikan sejumlah lagu yang kiranya dapat menjadi pengantar tidurmu:

Dewa 19 – Sebelum Kau Terlelap

Sejak berdekade yang lampau, entah mengapa tiap mendengar lagu Sebelum Kau Terlelap, rasa kantuk pun menyergap. Mungkin dikarenakan tempo lambat pada musiknya. Lagu yang mengelus hati, menimang segala sedih, serta cocok didengar menjelang memejamkan mata.

Payung Teduh – Tidurlah

Petikan gitar yang mendayu turut membantu menghadirkan nuansa kantuk menjelang tidur. Terlebih malam telah tiba juga. Liriknya yang memiliki diksi ‘tidurlah’, juga seakan mengajak untuk lelap.

NOAH – Puisi Adinda

Suara jangkrik menjadi pembuka dan penutup dari lagu ini. Lirik yang direpetisi, serta melodinya mampu mengelus mata.

Tasya & Duta – Jangan Takut Gelap

Meski berirama ceria, namun lagu ini memberikan sebuah panduan dan pengingat bagi seseorang sebelum tidur. Di antaranya memadamkan lampu kamar, berdoa sebelum tidur, mencuci kaki tangan, serta tidur tidak terlampau larut malam.

Komen