Carian
Ghostival, Kala Hantu Menjadi Lucu & Tidak Menyeramkan
August 21, 2023 Arifin

Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata “hantu”? Seram, menakutkan, membuat bulu merinding? Ragam persepsi tersebut seakan coba dibongkar oleh Ghostival. Ghostival merupakan sebuah pameran seni yang memvisualkan hantu Indonesia menjadi suatu karakter lucu dan tidak menyeramkan.

Terdapat 11 karakter hantu yang disertakan, di antaranya ada Ocong (pocong), Unti (kuntilanak), Uwo (genderuwo), Uyang (kuyang), dan Banas (banaspati). Mereka semua ditampilkan dengan visual lucu serta sebisa mungkin jauh dari kata menyeramkan.

Ghostival dihelat oleh Museum of Toys bersama kreator sekaligus seniman WD Willy. Di Ghostival, pengunjung diajak menyusuri ruang pameran yang bak labirin, terdiri dari 6 ruang. Di ruang-ruang yang ada terdapat karakter hantu yang dipasang di beberapa titik, dengan pencahayaan serta musikalisasi yang mendukung suasana.

Di ruang pertama, pengunjung akan diperkenalkan dengan para karakter yang ada. Diinterpretasikan menjadi karakter tertentu 11 hantu yang ada. Dengan karakter tersebut, maka menjadi klop dengan jalan cerita yang dibawakan oleh pemandu.

Pemandu menjelaskan mengenai isi ruangan, karakter-karakter yang ada di ruangan tersebut, serta menceritakan jalinan cerita yang ada. Contohnya ketika berada di ruang bunker, maksud hati ingin mengamankan diri, namun malah terdapat tokoh antagonis robot. Di ruang ini pengunjung diajak aktif, untuk menembakkan “peluru” ke robot yang ada.

Dari berbagai ruangan yang ada, menurut hemat saya, selain ruang bunker tersebut yang seru, terdapat aktivitas yang tricky yakni saat berada di THE PORTAL. Sebelumnya pemandu telah mewanti-wanti apakah pengunjung ada yang sedang hamil, memiliki masalah jika mengalami pusing. Dan ternyata meniti jembatan dengan ilusi seolah sedang berputar, memang tricky dan memusingkan. Meski begitu, kami sekeluarga menyempatkan diri untuk berfoto di situ (meski dengan pening “berputar”, senyum tetap terpasang).

Di ruang terakhir, pengunjung dapat mereda dari labirin yang ada. Disana terdapat patung Ocong (pocong), serta visual Ocong yang cocok dijadikan latar belakang foto.

Puas berkeliling di berbagai ruangan yang ada, Anda pun dapat melihat-lihat aksesori di Ghostival. Anda pun dapat bermain dengan mesin capit dimana 5 koinnya dibanderol seharga Rp100.000. Terdapat boneka karakter-karakter hantu yang bisa didapatkan dari mesin capit tersebut.

Ghostival masih dapat dikunjungi hingga 30 Agustus di Ground Floor Senayan City Mall.

Komen