Carian
Jalan Kaki Menelusuri Kota, Dari Street Food Hingga Lapis Sejarah
August 23, 2023 Arifin

Membaca buku “PARIS: The Secret History”, seolah diajak untuk menelusuri jalan-jalan disana. Terdapat ruang sejarah dan penceritaan dari sudut jalan di Paris. Bar, kafe jalanan, perumahan, merupakan deretan latar yang mewarnai  kehidupan di jalan-jalan ibu kota Prancis tersebut.

Mengenal sebuah kota, banyak cara yang dapat ditempuh. Entah itu lewat buku wisata, mencari informasinya di internet, berselancar di media sosial, atau blusukan saja di jalan-jalan kotanya. Maka tak mengherankan salah satu alasan mengapa memilih penginapan tertentu, karena akses jalan kaki yang dapat ditempuhnya menuju destinasi tujuan.

Dalam berwisata, salah satu opsi yang dapat ditempuh yakni dengan berpetualang menelusuri jalan-jalan kota. Menikmati street food yang ada. Menemukan hidden gems tertentu di kota.

Tentu sebelum berjalan kaki di kota, perlu bekal pengetahuan terlebih dahulu. Di antaranya mengenai rute yang dipilih, keamanan rute tersebut, serta busana dan apa saja yang sebaiknya dibawa dalam perjalanan. Beberapa jalan di kota, rawan terhadap tindak kriminal seperti pencopetan, pencurian – maka waspadalah. Pun begitu dengan jam-jam tertentu yang baiknya tidak ditempuh dengan berjalan kaki di area tertentu.

Berjalan di kota juga memungkinkan untuk lebih mengenal penduduk disana, serta sosial budaya yang ada. Bagi sejumlah kota yang telah ramah terhadap pedestrian, maka jalur yang ditelusuri pun akan nyaman dijejak. Bagi sejumlah kota yang baik infrastruktur transportasi publiknya, maka Anda pun dapat berkelana berpindah rute/moda dengan berjalan kaki.

Berjalan kaki di kota juga memungkinkan Anda untuk menggunakan panca indra secara optimal. Melihat hal-hal yang menarik di kota, mencium aroma makanan di street food, mendengarkan percakapan acak orang lalu-lalang dengan berbagai aksen, dan sebagainya.

Berjalan kaki di kota pun dapat membuatmu untuk mengenal kota tempat tinggalmu. Sejumlah tur menyajikan perjalanan dengan pemandu sembari berjalan kaki. Terdapat hikayat sejarah yang diceritakan, mencicipi kuliner pilihan, serta mengetahui asal muasal penamaan sebuah daerah.

Komen