Carian
Mengapa Seseorang Tetap Harus Pakai Tabir Surya Selama Penerbangan? 
August 28, 2023 Arifin

Sering bepergian dengan pesawat terbang? Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya. Orang-orang tetap harus memakai tabir surya selama penerbangan mengingat sinar ultraviolet di pesawat bahkan lebih kuat dibandingkan saat di darat karena semakin dekat dengan lapisan ozon.

Bila sering terbang tanpa tabir surya membuat orang berisiko terkena kanker kulit. Perlu diketahui jendela dan kaca depan pesawat biasanya terbuat dari plastik polikarbonat atau kaca komposit multilapis yang menghalangi transmisi ultraviolet B (UVB), tetapi tidak untuk ultraviolet A (UVA).

Sinar ultraviolet B bisa menyebabkan kulit terbakar, sedangkan sinar ultraviolet A terkait dengan penuaan kulit. Namun, keduanya terkait dengan kanker kulit.

Berdasarkan penelitian, bagi pilot yang berada di kokpit selama sekitar satu jam pada ketinggian 30.000 kaki membuat mereka terpapar radiasi ultraviolet A dalam jumlah yang sama dengan sesi tanning bed atau berada dalam alat untuk membantu menjadikan kulit seseorang menjadi kecokelatan, seperti berjemur di bawah panas matahari, selama 20 menit.

Sinar tersebut juga bisa membahayakan penumpang yang duduk di kursi dekat jendela dan pramugari yang sering terbang.

Untuk penumpang yang duduk di kursi dekat jendela baiknya mempertimbangkan untuk menutup jendela. Namun, bila pemandangannya terlalu indah untuk dilewatkan, kenakan baju lengan panjang dan menggunakan tabir surya dengan faktor pelindung matahari (SPF).

Sumber: Insider, Antara

Komen