Carian
Beberapa Racun Yang Terkandung Dalam Pembakaran Sampah 
August 28, 2023 Arifin

Sejumlah daerah di Indonesia sedang mengalami kualitas udara yang tidak sehat. Ragam cara telah dilakukan untuk mengatasi hal ini, di antaranya rekayasa cuaca untuk memancing hujan, penerapan pembatasan emisi, memperbanyak ruang terbuka hijau, penggunaan transportasi massal, pengawasan sektor industri dan pembangkit listrik, mengedukasi publik.

Untuk urusan mengedukasi publik, di antaranya dengan menyarankan menggunakan transportasi massal serta tidak melakukan tindakan yang dapat mencemari udara – contohnya dengan membakar sampah.

Membakar sampah merupakan tindakan yang dapat mencemari lingkungan. Membakar sampah dapat menimbulkan asap yang mengandung banyak sekali zat-zat beracun yang dapat merusak lingkungan hingga kesehatan kita.

Beberapa racun yang terkandung dalam pembakaran sampah adalah CO, SO2, NOx, dan VOC yang dapat menyebabkan kanker paru-paru dan menghasilkan racun pada tanaman.

Seperti dilansir Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, saat sampah yang dibakar akan mengeluarkan racun-racun seperti:

>> Dioxin yang menimbulkan efek kanker dan sakit kulit

>> Mengeluarkan polutan yang dapat menyebabkan pencemaran udara

>> Menipiskan lapisan ozon

>> Menghasilkan senyawa kimia dioksin yang dapat merusak tanaman

Komen