Carian
Jalur Sukses Yang Tak Selalu Sama 
August 30, 2023 Arifin

Tahukah Anda bahwa “jalan sukses” dari orang yang satu ke orang yang lainnya dapat berbeda. Tak percaya? Simak saja buku The Third Door: The Wild Quest to Uncover How the World’s Most Successful People Launched Their Careers karya Alex Banayan. Bukan, bukan berarti menafikan segala buku, tontonan inspiratif dari kisah sukses yang telah Anda konsumsi. Namun, memberikan pandangan bahwa resep sukses tak selalu sama.

Ini bisa berbeda kiranya dengan ketika Anda membuat kue berdasarkan resep tertulis. Bahannya, cara pengolahannya, telah presisi ditentukan. Keliru dalam langkah ataupun volume, kue yang dibuat bisa menjadi “bantat”, gagal.

Lalu untuk apa segala kisah inspiratif, kisah sukses yang ada? Bukankah tiap orang perlu menempuh jalur dan kesukarannya tersendiri? Paling tidak ada benang merah yang sama, saat-saat “terendah”, saat bimbang, ataupun bagaimana menyikapi kesuksesan – hal tersebut dapat menjadi pembelajaran.

Kisah inspiratif, kisah sukses, tutorial, yang ada juga dapat diterapkan sesuai dengan apa yang bisa dilakukan diri serta diadaptasi dengan konteks. Maka disinilah terdapat adaptasi dan inovasi. Pun begitu dengan eksperimentasi.

Pernah membaca novel Harry Potter dan Pangeran Berdarah-Campuran? Di situ Harry Potter mendapatkan saran dari buku pelajaran yang dahulunya milik ‘Pangeran Berdarah-Campuran’. Sejumlah langkah dalam pelajaran Ramuan di buku tua tersebut, merupakan hasil adaptasi, inovasi, eksperimentasi dari ‘Pangeran Berdarah-Campuran’ (yang ternyata Severus Snape).

Lalu perlu diingat pula bahwa bisa jadi “resep sukses” yang Anda simak dari orang lain memiliki “masa kedaluwarsa tertentu”. Kala itu sukses, tapi sekarang? Belum tentu. Maka senantiasalah untuk menjadi relevan dan kontekstual.

Di samping itu hadirkan keunikan dan beda – yang membuat Anda “dikenali”, serta menjadi personal branding Anda. Tak mudah memang, namun bukan berarti tak bisa. serta yang terpenting adalah mencobanya.

Komen