Carian
Emang Boleh Sebosan Itu? 
September 5, 2023 Arifin

Rasa bosan merupakan hal yang alami. Terhadap apa pun. Yang terpenting adalah bagaimana menyikapi kebosanan tersebut. Dalam ilmu ekonomi dikenal Hukum Gossen 1 yakni “pemenuhan kebutuhan atas suatu jenis barang secara terus-menerus akan menurunkan tingkat kepuasannya.”

Hal semacam itu dapat ditemui misalnya pada makanan ataupun minuman. Cobalah mengonsumsi makanan-minuman tertentu terus-menerus, lalu akan ada masanya bosan, jenuh, mengonsumsi hal tersebut.

Sementara itu, di sisi lain, apakah rasa bosan dibutuhkan? Menurut pakar tumbuh kembang anak, anak-anak yang dibiarkan bermain tanpa gawai cenderung menggunakan kreativitas mereka untuk menghilangkan rasa bosan.

Sebagai contoh, anak-anak akan menggunakan segala peralatan, aksesori atau mainan yang berada di sekeliling untuk mencipta satu permainan baru. Tambahan sisi positif lainnya, aktivitas menarik yang dilakukan tersebut, praktis tidak menimbulkan biaya baru.

Contoh lainnya rasa bosan yang dapat berbuah aktivitas yang inspiratif yakni dengan mencoba jalur baru perjalanan. Teramat mungkin seseorang bosan menempuh jalur pulang-pergi yang itu-itu lagi. Cobalah sesekali untuk menempuh jalur lainnya menuju tempat tujuan. Atau dapat juga dengan menggunakan moda transportasi lainnya.

Sementara itu, rasa jenuh juga dapat merupakan alarm. Alarm untuk sejenak beristirahat, melakukan me time, serta sinyal bahwa apa yang dilakukan telah berlebihan. Maka kenali alarm dari diri. Cari tahu akar penyebab dari rasa jenuh yang dirasakan.

Apabila rasa jenuh dibiarkan menumpuk, terjadi terus-menerus, seseorang dapat mengalami burnout, serta dayanya dalam melakukan aktivitas akan menurun.

Rasa jenuh juga merupakan sinyal untuk meningkatkan sejumlah hormon bahagia, seperti dopamin (dengan melakukan olahraga, meditasi, mencoba pengalaman baru), serotonin dan endorfin (terpapar sinar matahari, rasa syukur, ke alam terbuka).

Komen