Carian
Pesona Melaka Dalam Pengalaman Imersif 
September 7, 2023 Arifin

The Magical Korea-ASEAN Cultural Heritage Immersive Experience dihelat di Museum Nasional Indonesia pada 5-8 September 2023. Pada sajian imersifA ini merupakan pengalaman menyaksikan keindahan warisan budaya Korea dan negara-negara ASEAN yang telah diakui UNESCO, dalam rangka peringatan hubungan diplomatik Korea-Indonesia sekaligus menyambut KTT ASEAN 2023.

Untuk Malaysia, perjalanan digital dalam ruang imersif yakni Strait of Melaka. Jalur laut tersibuk di dunia: Selat yang panjangnya 900 km dan lebarnya mencapai 100 km, inilah Selat Melaka, yang letaknya strategis di jalur terpendek antara Samudera Hindia dan Pasifik.

Menghadap jalur air penting ini terdapat kota bersejarah Melaka, kota tertua di Malaysia. Melaka pernah menjadi pusat perdagangan utama yang memfasilitasi pertukaran rempah-rempah, emas, sutra, teh, opium, tembakau, dan parfum antara Timur dan Barat, terutama pada abad keempat belas dan kelima belas.

Terdapat alun-alun bergaya Belanda abad ke-17 yang merupakan salah satu atraksi paling indah di Melaka. Dikelilingi oleh sekelompok bangunan terakota yang terang. Yang terkenal di antaranya Gereja Kristus, Menara Jam Tuan Beng Swee, dan Stadthuys, yang dulunya merupakan kediaman Gubernur Belanda.

Gereja Kristus merupakan Gereja Protestan tertua yang masih berfungsi di Malaysia. Didirikan pada tahun 1753, bangunan ini memiliki semua ciri khas arsitektur Belanda abad ke-18: denah persegi panjang, tembok besar, alas granit merah, dan genteng Belanda.

Pada perjalanan digital dalam ruang imersif itu juga dibawa ke Masjid Kampung Hulu. Masjid ini dibangun pada tahun 1728, desainnya diambil dari arsitektur Sumatera, Hindu, Cina, dan Barat.

Saat ini, bangunan tersebut tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga berfungsi sebagai sekolah, pusat komunitas, dan balai kota.

Kota Melaka yang bersejarah: monumen hidup bagi pertukaran yang ramai antara Eropa, Timur Tengah, dan Asia yang pernah dikembangkan oleh pelabuhan-pelabuhannya. Kekayaan warisan budaya berwujud dan tak berwujud terkandung dalam lanskap kota yang unik.

Komen