Carian
Duta Kuliner, Dari Upin & Ipin Hingga Film Korea 
September 8, 2023 Arifin

Filosofi studio yang memproduksi Upin & Ipin, Les’ Copaque ketika membuat konten, haruslah sesuatu yang dekat di hati. Dibungkus dengan cerita, maka dihadirkanlah nostalgia, makanan-makanan yang kita selalu makan seharian, aktivitas-aktivitas yang dilakukan. Hal universal yang sama berlaku di kampung ataupun di bandar. Sesuatu dimana orang-orang dapat terhubung bersama, serta dapat mendiskusikan dan merasakannya bersama.

Perihal makanan-makanan yang kita selalu makan seharian seperti disinggung di atas, benar saja, melalui karakter Ehsan (@diariehsan.intanpayung), diingatkan dengan sedapnya roti canai. Lalu terdapat pula roti telur, roti bawang, roti planta, roti boom, roti naan.

Roti canai merupakan roti yang dibuat dari adonan tepung terigu, telur, gula, dan margarin yang dibentuk bulat pipih kemudian dipanaskan di atas wajan datar, biasanya dimakan dengan kuah kari.

Roti canai merupakan sejenis roti pipih dengan pengaruh India yang dapat ditemukan di beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Malaysia, Brunei, Indonesia, dan Singapura. Roti ini bisa ditemukan di gerai mamak di Malaysia atau di rumah makan Aceh dan Sumatra Barat di Indonesia. 

Masih terkait makanan dan Upin & Ipin, kedua karakter tersebut juga menyukai ayam goreng. Di sisi lain, perihal ayam goreng merupakan kuliner yang juga sering terlihat pada drama dan film Korea (contohnya film Extreme Job).

Ayam goreng Korea renyah di luar dan lembut di dalam. Makanan ini menawarkan beragam pilihan rasa dan bahan tambahan, seperti ayam goreng saus gochujang, ayam goreng bumbu galbi, ayam cabai pedas, ayam bawang putih, ayam daun bawang.

Menyebarnya makanan Korea juga berupa tantangan makanana pedas Korea yang bahkan telah menjadi tren global di media sosial. Korea memiliki banyak hidangan super pedas, seperti bul jjamppong (sup mi hasil laut pedas membara), nakji bokkeum (tumis pedas gurita), buldak bokkeummyeon (tumis ayam dan mi pedas membara).

Komen