Carian
Mari Mencoba & Menempa Pengalaman 
September 11, 2023 Arifin

September telah tiba. Lazimnya awal tahun diwarnai dengan aneka resolusi, harapan, keinginan. Telah sejauhmana aneka resolusi itu dilakukan? Yang lebih penting telahkah kita melangkah untuk melakoni resolusi tersebut?

Sekadar angan-angan yang ada di kepala. Namun tak coba untuk diwujudkan di kenyataan. Sibuk “berhitung”, “berasumsi”, terlampau takut untuk memulai. Seumpama hal tersebut sesungguhnya dapat dimulai dan dikerjakan, maka kerjakanlah.

Paling tidak Anda telah mencoba melakukan sesuatu. Walaupun mungkin ada kekeliruan di awal, ada kesalahan, namun dari situlah diri dapat belajar. Lagian memangnya ada yang langsung sempurna 100%, benar 100% semua? Di dalam perjalanan, segala kurang dapat diperbaiki serta dievaluasi.

Yang terpenting adalah berproses dan belajar. Melangkahlah, jangan diam di tempat karena takut salah. Bagaimana Anda tahu langkah ke-1.000, bila tak kunjung memulai langkah pertama?

Cobalah pikirkan dari pengalaman hidup Anda yang lalu, apa sekiranya yang semula dikhawatirkan, ditakutkan, namun ketika dikerjakan, dilakoni, ternyata tak serumit, tak sesulit yang ada di pikiran.

Ketika telah “mencebur mencoba”, maka mekanisme dari diri akan mencoba untuk survive serta belajar dari situ. Teramat mungkin ada jalan-jalan baru yang dapat ditemui ketika telah mengerjakannya.

Merasa rendah diri, “rumput tetangga lebih hijau”, mari berfokus saja pada kekuatan. Di samping itu tiap orang memiliki lini masanya tersendiri. Seseorang yang berada di tahap kesuksesan tertentu, bisa jadi telah melewati lini masa yang sulit sebelumnya, namun terus mencoba dan mencoba.

Tak kunjung memulai, berarti menunda pengalaman. Menunda untuk berproses. Dari berbagai rencana yang ada, upayakan untuk coba dikerjakan. Coba saja kerjakan dulu, nanti akan terlihat dimana kurangnya, ataupun rencana ini sesungguhnya tak realistis.

Jika pada akhirnya, apa yang dikerjakan tak berhasil, paling tidak di diri telah ada pengalaman mencoba. Tentu perhitungkan juga segala risiko ketika mencoba – termasuk risiko bila gagal. Di sisi lain, lihat juga akibat bila tak kunjung mencoba.

Komen