Carian
Sepenting Apa Sih Punya Hobi? 
September 11, 2023 Arifin

Beberapa hari yang lampau, saya menghadiri Pameran Korea-Indonesia Ceramic Art Connecting 5,296 km di Museum Gajah. Pada jam-jam tertentu di pameran tersebut, terdapat peragaan membuat keramik. Dan saya berkesempatan untuk melihat seniman keramik bekerja.

Terlihat menenangkan, begitu damai ketika melihat seniman keramik bekerja. Terbersit di benak, mengenai sejauhmana hobi dapat menenangkan, menyenangkan, serta menjadi me time yang begitu mengisi?

Tiap dari kita memiliki hobi, hal yang dimana waktu dapat tiba-tiba begitu “tenggelam” serta dapat begitu tekun dan menyenangkannya. Di dalam kehidupan, dengan rutinitas, tekanan yang ada, melakoni hobi dapat menjadi relaksasi.

Maka apabila telah terlampau penat, jenuh, cobalah tengok hobi Anda. Apakah telah terlalu lama tak dilakoni hobi itu?

Secara teori, hobi itu dapat menghasilkan uang, mengasah kreativitas, untuk kesehatan, serta menambah wawasan.

Dari hobi, seseorang sesungguhnya dapat menemui berbagai kesempatan, peluang, teman, bahkan kemungkinan cuan. Meski begitu berpulang kepada diri pribadi, mengenai tujuan menjalani hobi.

Dari hobi menjadi cuan – hal itu dapat terjadi. Meski begitu karena itu pula hobi dapat menjadi “tak menyenangkan lagi”. Dikarenakan ada tuntutan, tekanan, maka pada beberapa orang ketika hobi telah menjadi profesi, waspadalah kemungkinan dari hobi menjadi sumber kejenuhan.

Hobi juga dapat merupakan wahana untuk mengeksplorasi diri. Menstimulasi diri dengan berbagai kemungkinan. Bagi orang tua yang memiliki anak, bila anak memiliki hobi tertentu, baiknya tak menjadikan itu beban bagi anak. Biarkan ia menikmati hobinya serta tidak dibebani dengan harapan-harapan berlebih.

Bila anak memilki hobi bermain sepak bola misalnya, orang tua dapat menjaga harapan – di antaranya dengan tidak membebani anak harus berprestasi semaksimal mungkin. Orang tua dapat berperan untuk menstimulasi anak, sehingga ananda memiliki opsi, ragam hobi – terserah anak nantinya apakah dari salah satu hobi itu nantinya jadi jalan profesi, atau hobi yang sekadar hobi saja.

Komen