Carian
Sejumlah Tanda Seseorang Mengalami Depresi 
September 12, 2023 Arifin

Terdapat sejumlah tanda seseorang mengalami depresi, di antaranya seperti tidak ada energi, malas gerak (mager), menarik diri dari lingkungan, sulit tidur. Kehilangan minat pada suatu rutinitas tertentu seperti bekerja atau melakukan hobi seperti olahraga, juga merupakan salah satu tahapan yang harus diwaspadai sebelum pada tahap depresi yang lebih berat.

Selain itu, perilaku seperti putus asa, perasaan bahwa diri tak berguna, serta harapan yang terlalu tinggi namun tak sesuai dengan usaha yang dilakukan juga perlu diwaspadai sebagai gejala dari depresi.

Pada tahap depresi yang lebih berat, seseorang yang mengalami depresi umumnya lebih sensitif dan cenderung mengatakan bahwa dirinya “sudah bosan hidup” atau “tidak tahan dalam menghadapi cobaan kehidupan”.

Dengan hal seperti itu, berarti individu tersebut memiliki kerapuhan dalam kepribadiannya, maka harus dibantu. Setiap orang baiknya mewaspadai dan merangkul kerabat atau famili yang mengalami sejumlah gejala tersebut.

Lalu juga ada baiknya orang yang mengalami gejala tersebut untuk berkonsultasi kepada ahli untuk mencegah dampak lebih buruk dari depresi. Bisa ke spesialis kejiwaan/psikiater, bisa ke psikolog, atau bila adanya dokter umum juga boleh, terpenting ada bantuan tenaga medis, agar tak terpuruk, karena dengan sosialisasi dapat menciptakan harapan melalui tindakan.

Sumber: Antara

Komen