Carian
Waktu Terbatas, Apa Yang Harus Dikerjakan Lebih Dulu? 
September 14, 2023 Arifin

Setiap manusia hanya dibatasi waktunya selama 24 jam. Dalam masa tersebut masing-masing orang dapat menggunakan waktunya untuk melakukan aneka hal. Penting kiranya untuk fokus serta berhitung apa-apa saja yang dikerjakan pada hari tersebut.

Salah satu panduan yang dapat dilakukan dengan menggunakan Eisenhower Matrix. Merujuk Eisenhower Matrix terdapat 4 kuadran yang dapat menjadi “peta” apa yang dapat dilakukan hari ini:

  1. Penting dan Mendesak, Do
  2. Penting dan tidak mendesak, Plan
  3. Tidak penting dan Mendesak, Delegate
  4. Tidak Penting dan Tidak Mendesak, Eliminate

Cara lainnya yang dapat ditempuh dengan menggunakan Teknik Pomodoro. Yang merupakan sistem manajemen waktu yang menggugah orang untuk bekerja secara fokus dalam rentang waktu yang mereka miliki. Secara singkat, dengan menggunakan sistem ini kita akan membagi pekerjaan kita menjadi 25 menit per kegiatan dengan bekerja secara fokus terhadap satu tugas, kemudian 5 menit istirahat total, setiap jeda istirahat ini disebut sebagai “pomodoro”. Kemudian setelah melakukan 4 kali pomodoro, kita mengambil istirahat yang lebih lama lagi, yakni sekitar 15 sampai 20 menit.

Tips lainnya yang dapat diterapkan yakni mengawali hari dengan mengerjakan yang penting dan mendesak. Ada kecenderungan dari manusia untuk menunda, mengulur waktu. Jadikan hal yang penting dan mendesak sebagai kegiatan di awal hari. Lihat dari sisi lainnya, dengan begitu Anda punya waktu lebih panjang untuk menyelesaikannya, berfokus mengerjakannya.

Masih terkait pengelolaan waktu, terkait tenggat, baiknya selesaikan sebelum tenggat itu tiba. Dengan begitu ada waktu untuk melakukan review, serta merupakan antisipasi jika ada kejadian tak terduga, ataupun hal mendesak lainnya yang tak bisa ditinggalkan.

Menyelesaikan sebelum tenggat juga memungkinkan seseorang terhindar dari kurang tidur serta risiko kesehatan lainnya. Di samping itu, jangan lupakan untuk mengalokasikan waktu untuk me time, bersosial, bersama keluarga, dan sebagainya. Memang terdapat banyak hal yang dapat dikerjakan, namun jangan juga abai terhadap hak diri dan hak orang-orang terdekat.

Komen