Carian
Agar Bacaan Bukumu Lebih Berfaedah 
September 19, 2023 Arifin

Membaca buku banyak manfaatnya. Di antaranya “membawa Anda” dapat mengelilingi dunia. Anda dapat tahu informasi, keadaan, di berbagai ujung penjuru bumi, dengan berbekal buku.

Membaca juga dapat berfaedah menjadi relaksasi, sekaligus membawa Anda berkelana ke tempat-tempat dengan latar sejarah, bentang alam, kekayaan budaya, ataupun keunikan masyarakatnya.

Membaca novel misalnya, tak sekadar membaca deretan huruf serta dialognya. Agar lebih berfaedah, libatkan imajinasi, logika ketika membacanya, sehingga seolah Anda pun masuk ke “dunia para karakter di novel tersebut”.

Dalam membaca juga diperlukan fokus. Sehingga apa yang dibaca dapat dipahami, ditangkap maksudnya. Maka sekiranya kehilangan fokus, dalam membaca, mari kembali ke jalurnya.

Di samping itu ada istilah, ‘makin banyak membaca, makin banyak yang lupa’. Permasalahannya sebenarnya bukan di banyak membacanya, melainkan bagaimana menjaga pengetahuan dari buku serta menerapkannya.

Maka salah satu tips agar apa yang dibaca, tak menguap saja, dengan “mengikat”-nya. Bisa dengan menuliskan poin-poin penting yang dibaca; menceritakan apa yang dibaca kepada teman, keluarga, khalayak ramai melalui jalur media sosial misalnya; ataupun mengaplikasikan apa yang dibaca dengan tindakan.

Dari berbagai hal yang dibaca via buku, bila telah diwujudkan dalam tindakan, akan lebih melekat. Misalnya Anda membaca buku berwisata ke Korea Selatan, bila Anda mengunjungi tempat yang disarankan dari buku wisata tersebut, maka akan lebih terkenang dan teringat.

Pun begitu dengan sejumlah buku pengembangan diri, motivasi, pengetahuan finansial, keterampilan tertentu – bila diaplikasikan dalam tindakan, akan menjadi lebih berfaedah.

Komen