Carian
Memberikan Tantangan Pembelajaran Yang Sesuai Bagi Anak 
September 20, 2023 Arifin

Pernahkah Anda merasa kusut ketika menghadapi tantangan tertentu? Di sisi lain, ada tantangan yang begitu mudah dilewati dan diatasi. Hal semacam itu pun berlaku bagi anak dalam pembelajaran.

Maka penting kiranya untuk mengetahui asesmen yang tepat, minat-bakat anak, serta melatih anak memiliki growth mindset. Asesmen yang tepat memungkinkan tantangan pembelajaran yang diberikan sesuai dengan level anak. Bila terlalu mudah, anak dapat merasa tak tertantang untuk mengerjakannya. Bila terlalu sulit, anak dapat frustasi, emosi. Maka menghadirkan tantangan pembelajaran yang tepat perlu diupayakan.

Ada pun teramat mungkin, di sekolahnya nanti, ada mata pelajaran tertentu yang tak terlampau dikuasai ananda. Hal tersebut sesungguhnya merupakan pembelajaran pula bagi anak untuk mengatasi tekanan, serta berusaha sekuat daya di bidang yang menurutnya tak jago-jago amat.

Perihal minat, bakat anak, hal tersebut memungkinkan anak unggul di beberapa segi. Di samping itu di beberapa bidang dapat pula ananda berada di level yang kurang. Minat dan bakat sendiri harus diproses dengan hati-hati. Dikarenakan bisa jadi minat-bakat berubah, berkembang, ataupun meredup.

Ada pun growth mindset, memungkinkan anak untuk mencoba dan mencoba lagi. Mengulik dan mengulik lagi. Dengan growth mindset, senantiasa untuk terus belajar dan memahami dunia. Ada pun permasalahan yang muncul akan menjadi tantangan untuk dapat mengasah kemampuan berpikir kritis dan analitis.

Dengan growth mindset maka mengeksplorasi berbagai hal, memiliki keberanian untuk mencoba banyak hal-hal baru, menantang diri sendiri.

Tantangan pembelajaran kepada anak selain yang sifatnya personal, juga dapat diterapkan pada kelompok, untuk melihat bagaimana anak bersosialisasi, berkomunikasi. Dalam hal ini, orang tua dapat menstimulasinya dengan menghadirkan tantangan pembelajaran di rumah. Misalnya dengan bermain puzzle bersama, melakukan olahraga yang sifatnya permainan, dan sebagainya.

Komen