Carian
Tips Mengembangkan Hobi Anak Lewat Permainan 
September 27, 2023 Arifin

Terdapat sejumlah tips untuk bisa mengembangkan hobi atau kegemaran anak melalui permainan. Orang tua perlu mengenali dan menemukan hal-hal ataupun aktivitas yang digemari oleh anak. Dengan bermain, amat memungkinkan minat serta bakat anak untuk muncul.

Semakin dini minat serta bakat anak berhasil ditemukan, akan semakin besar pula kemungkinan bakat tersebut untuk dikembangkan menjadi lebih terarah dan terbentuk. Minat serta bakat itu, dapat berpengaruh pada kehidupan anak ketika dewasa, seperti jati diri ataupun profesi yang ia geluti.

Apa yang harus dilakukan orang tua untuk mengenali minat, bakat ananda? Orang tua perlu mengobservasi apa saja hal yang menarik perhatian mereka.

Observasi apa yang paling sering dia lakukan setiap hari, dan itu akan dia lakukan secara berulang kali. Contohnya, anak yang suka menggambar, dia akan berulang kali melakukannya dan di mana saja, sementara anak yang tidak suka, walaupun disodorkan kertas dan pensil, mungkin dia akan menggambar, namun tidak akan berulang.

Jika minat serta bakat anak berhasil ditemukan, tips berikutnya yakni memilihkan mereka jenis permainan yang sesuai. Contohnya, untuk anak yang gemar permainan “bricks” atau menyusun balok, berikan dia mainan serupa dengan berbagai tingkatan, mulai dari yang mudah, bertahap, hingga yang semakin rumit. Hal itu akan menstimulasi anak untuk kian tertantang dan mengasah kemampuannya, namun tidak akan membuatnya bosan.

Lalu mainkan permainan itu bersama. Hal tersebut akan memperkuat ikatan antara orang tua dan anak, serta memberi kesempatan untuk mengajari mereka hal-hal baru dan mendukung perkembangannya.

Tips berikutnya, ayah-bunda dapat menjelajahi berbagai macam jenis permainan, seperti permainan fisik, video, imaginatif, dan lain sebagainya guna menemukan bakat-bakat lain dari anak.

Alokasikan waktu untuk bermain dengan anak, ini menunjukkan orang tua memberi perhatian khusus pada kegemaran anak, serta dukung pengembangan keterampilan mereka dengan kursus atau pelatihan khusus.

Sumber: Antara

Komen