Carian
Sejumlah Manfaat Menulis Tangan 
September 29, 2023 Arifin

Apakah Anda masih terbiasa menulis dengan tangan? Hal tersebut baik kiranya, karena aktivitas menulis tangan, dapat melekatkan daya ingat, membantu mengelola emosi.

Orang yang menulis dengan kertas dan pulpen memiliki kemampuan kognitif lebih. Dengan menulis menggunakan tangan, dalam membentuk huruf dilakukan olah motorik.

Menulis dengan tangan juga merupakan proses yang dinamis, karena ketika menulis, otak juga memproses apa yang kita pikirkan, dengar, dan lihat.

Terdapat jalur syaraf yang berbeda pada otak manusia yang hanya diaktifkan dengan olah motorik halus saat menulis. Proses belajar dan kinerja memori sangat terpengaruh dengan jalur syaraf ini. Maka menulis dengan tangan mampu menguatkan daya ingat seseorang.

Otak juga merangkum berbagai pengalaman saat menulis, sehingga menyimpan informasi lebih lama dan lebih mudah memahami ide-ide baru.

Menulis langsung dengan tangan merupakan aktivitas rumit karena harus melukis huruf demi huruf, merangkainya menjadi kata, kemudian kalimat dan paragraf serta seterusnya. Tulisan tangan merupakan hasil dari gerakan singular seluruh tubuh yang unik.

Seperti dilansir Times of India, penggunaan pena dan kertas memberi otak lebih banyak “kait” untuk menggantung ingatan. Menulis dengan tangan menciptakan lebih banyak aktivitas di bagian sensorimotor otak. Banyak indra diaktifkan dengan menekan pena di atas kertas, melihat huruf yang kita tulis, serta mendengar suara yang kita buat saat menulis.

Dikutip dari Antara, menulis tangan juga dapat membantu seseorang untuk memperlancar kembali proses regulasi emosi, sehingga emosi-emosi negatif yang selama ini tersimpan di alam bawah sadar dapat disadari kembali.

Kesadaran tersebut yang membantu seseorang mampu meregulasi emosi dengan baik, sehingga bisa mengenal diri secara lebih baik, mampu memahami apa yang sebenarnya dirasakan, mampu mengekspresikan emosi secara tepat. Maka seseorang dapat melepaskan emosi negatif sehingga muncul perasaan lega.

Komen