Carian
Cara Menyimpan Sayuran Di Lemari Pendingin Agar Tetap Segar 
October 5, 2023 Arifin

Terdapat tips menyimpan sayuran segar di dalam lemari pendingin yakni simpan dalam keadaan utuh, kering, dan bungkus dengan tisu dapur. Bila sayur segar sebaiknya masih dalam keadaan utuh belum dipotong, dalam keadaan kering, cukup bungkus dengan tisu dapur yang tebal, itu akan memperpanjang umur dari sayuran yang disimpan di lemari es.

Sayuran segar sebaiknya jangan disimpan dalam lemari pembeku atau freezer, karena akan merusak sayuran, kecuali bila telah diolah.

Bagi seseorang yang sibuk serta tak sempat mempersiapkan sayur di pagi hari, sayuran dapat dipotong-potong dan direbus semalam sebelumnya. Lalu dapat disimpan dalam wadah plastik thinwall dan simpan dalam lemari pendingin (chiller) atau lemari pembeku (freezer) untuk digunakan esok harinya.

Cara lainnya, tisu dibasahin kemudian dimasukkan ke plastik thinwall, bolongin tutup plastiknya, sayur dapat tahan seminggu.

Ada pun untuk menyimpan daging mentah sama dengan sayur, yakni dalam keadaan kering, tidak perlu dicuci. Bila membeli daging di supermarket dapat langsung dimasukkan ke dalam freezer.

Sedangkan bila membeli di pasar, keringkan dengan tepuk-tepuk menggunakan tisu dapur, masukkan ke dalam plastik, pastikan tidak ada udara di dalamnya atau di vaccum.

Bila digunakan dalam dua hari ke depan dapat dimasukkan ke dalam chiller, namun bila mau digunakan dalam jangka waktu yang masih lama, bisa dimasukkan freezer.

Untuk penyimpanan dalam freezer terutama daging disarankan stabil pada suhu minus (-) 18 derajat Celsius, untuk umur simpan dapat sampai setahun. Bila menggunakan freezer rumah tangga umur simpan makanan dapat bertahan sampai 6 bulan selama tak ada kontaminasi udara.

Penggunaan wadah plastik seperti thinwall dalam dunia kuliner amat berguna untuk membantu mengorganisir isi kulkas agar terlihat rapi. Warna-wana yang ada pada wadah plastik dapat digunakan untuk membedakan bahan-bahan masakan agar tidak tertukar, seperti daging menggunakan warna merah, sayur menggunakan warna hijau, daging unggas warna kuning, biru untuk daging laut atau boga bahari.

Sumber: Antara

Komen