Carian
Kisah Fantasi Dalam Kereta, Yang Mana Favoritmu?
October 5, 2023 Arifin

Kereta api tak sekadar alat transportasi. Melainkan juga inspirasi. Termasyhur adanya ide untuk menulis Harry Potter yang didapatkan JK Rowling. Ia memiliki ide untuk menulis kisah sihir tersebut tahun 1990, ketika sedang menunggu kereta api yang datang terlambat. Fun fact-nya, Rowling menuliskannya hanya di selembar tisu.

Kini, kita tahu begitu terkenalnya kisah Harry Potter, serta telah bersalin rupa dalam berbagai bentuk, seperti film, teater, dan sebagainya. Masih dari semesta Harry Potter, kereta api, stasiun, mendapatkan tempat istimewa pula dalam penceritaan.

Bagaimana peron 93/4 menjadi racikan cerita yang melekat. Untuk ke sana, caranya dengan melewati tembok di stasiun. Maka tibalah di King Cross’s Station untuk menaiki kereta Hogwarts Express dengan tujuan sekolah sihir Hogwarts. Kereta Hogwarts Express pun berciri otentik dengan memiliki gerbong berwarna merah.

Masih dari kereta api, kali ini kisah dari penulis Agatha Christie “Murder on the Orient Express”. Sebuah cerita misteri pembunuhan yang terjadi di rangkaian gerbong kereta bernama “Orient Express” yang memiliki rute Istanbul (Turki)-Paris (Prancis) dan sebaliknya.

Dalam cerita Agatha Christie, salah satu hal yang menarik yakni pengungkapan masa lalu, serta profil tersembunyi dari Samuel Ratchett yang memiliki nama asli Cassetti. Ratchett/Cassetti ditemukan tewas ditikam di dalam kamarnya di kereta.

Siapa pelaku penikamannya? Kereta Orient Express yang terjebak dalam longsoran es dalam perjalanannya di Semenanjung Balkan, memberikan waktu dan kesempatan bagi sang detektif dalam cerita Hercule Poirot untuk mencari tahu masa lalu dan motif para tersangka yang merupakan penumpang kereta api tersebut.

Bagaimana dengan Anda, apakah kisah fantasi berlatar kereta api yang menjadi favoritmu?

Komen