Carian
Tips Jaga Kebugaran Tubuh Saat Cuaca Panas 
October 9, 2023 Arifin

Terdapat sejumlah tips untuk tetap menjaga kebugaran tubuh di saat cuaca panas seperti saat ini. Menjaga kebugaran tubuh dengan olahraga penting dilakukan, meski cuaca sedang panas, kegiatan berolahraga tetap diperbolehkan untuk dilakukan.

Jangan lupa untuk mengganti cairan tubuh agar tetap terhidrasi. Selalu perhatikan konsumsi air, baik mineral maupun minuman berelektrolit agar tubuh tidak kekurangan cairan. Konsumsi air kala berolahraga maupun aktivitas lainnya begitu penting, terutama ketika cuaca panas seperti sekarang-sekarang ini.

Tips berikutnya untuk memperhatikan teknik saat berolahraga, seperti olahraga berlari agar meminimalisir risiko cedera. Seseorang bisa kehilangan fokus saat kekurangan cairan tubuh dan lupa untuk mengaplikasikan teknik berolahraga yang tepat.

Lalu jangan lupa melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berolahraga agat tubuh tak kaku dan lebih leluasa bergerak. Tutup dengan melakukan pendinginan, demi mencapai siklus olahraga sesuai kaidah.

Berolahraga di luar ruangan saat kondisi cuaca tak menentu seperti ini tetap diperbolehkan. Agar tubuh tak terlalu banyak kehilangan cairan karena cuaca yang panas, baiknya lakukan olahraga di waktu-waktu tertentu saat cuaca lebih sejuk, yaitu waktu pagi sebelum pukul 10.00 ataupun sore dan malam hari.

Ketika berolahraga, pastikan tubuh dalam kondisi sehat dengan detak jantung normal. Detak jantung dapat dikatakan normal saat berolahraga, misalnya berlari, bila berada di angka 124-151 bpm.

Ketika detak jantung telah melebihi 151 bpm, baiknya periksakan diri ke dokter atau ahli untuk memastikan kesehatan tubuh.

Sumber: Antara

Komen