Carian
Membaca Cerita Anak, Yang Ikut Belajar Orang Tuanya 
October 11, 2023 Arifin

Menghadirkan bacaan yang sesuai untuk anak, coba kami hadirkan sebagai orang tua. Sejak dini, literasi telah coba kami kenalkan. Baik itu dengan metode membaca nyaring (read aloud), buku sesuai jenjang umur, dan sebagainya.

Buku anak, pada beberapa hal memiliki visual yang menarik. Pun begitu dengan beberapa buku yang menyertakan aktivitas aktif bagi anak. Ada gerak motorik dari anak yang dapat distimulasi dengan mengakrabkan pada buku.

Seperti halnya konsep majalah Bobo di Belanda yang menyasar anak-anak usia preschool atau 2-5 tahun, dengan lebih banyak mengajarkan kegiatan-kegiatan yang mengasah keterampilan anak seperti mewarnai, menggambar, hingga kegiatan menggunting lewat cetakan fisiknya.

Mengenal huruf, membaca, pun dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Baik itu melalui cerita, kata-kata berima sederhana, serta visual yang menarik. Anak kami memiliki kegemaran itu. Membaca buku sendiri, membolak-balik halamannya, meminta diceritakan dari buku yang sama berulang kali, ataupun ia menceritakan ulang tentang isi dari bukunya.

Sedangkan bagi orang tua pun dapat belajar, mana kiranya buku yang sesuai untuk anak, isu apa yang ingin diperkenalkan. Sebagai contoh, isu yang dapat menjadi opsi tentang toilet training, mengenal anggota tubuh, terkait keagamaan, mengenal anak berkebutuhan khusus, sarana transportasi, dan sebagainya.

Bagi orang tua, sembari menelusuri hal tersebut, sesungguhnya seperti belajar pula dan diingatkan hal-hal mendasar serta esensial. Menjadi lebih tua tak berarti lebih baik dalam praktik bukan?

Belajar dari cerita anak seperti misalnya pada harian Kompas di hari Minggu yang memiliki rubrik “Nusantara Bertutur”. Rubrik yang cocok bagi bacaan anak tersebut, kerap saya bacakan nyaring pada anak kami.

Nyatanya saya pun belajar dari situ, betapa benang merah dari cerita yang hadir tiap pekan terkait kejujuran. Hal yang mendasar serta dapat menjadi perenungan bagi kita-kita yang telah berumur ini.

Komen