Carian
‘Sentuhan Personal’ Pada Karya 
October 11, 2023 Arifin

Bagaimana saling keterikatan, keterkaitan antara penggemar dengan kreator? Salah satunya dengan “sentuhan personal” dengan karya. Maka dikenallah penandatanganan buku, CD yang ditandatangani, kaus yang ditandatangani, dan sebagainya.

“Sentuhan personal” dari kreator tersebut mendekat dan seakan berbicara langsung kepada penggemar. Dengan untuk siapa tanda tangan itu ditujukan. Serta jangan lupakan pula momen singkat perbincangan ataupun jepret untuk mengabadikan momen antara penggemar dengan sang kreator.

Hal ini akan lebih tertambat ataupun terkenang lagi, bila impresi positif didapatkan dalam perbincangan singkat serta momen foto bersama. Bila sang kreator welcome, ramah, antusias berbincang dengan penggemar, maka keloyalan penggemar dapat lebih mengakar.

Berburu “sentuhan personal” juga menjadi keseruan tersendiri, seperti misalnya ikut pre-order – dimana salah satu keuntungannya mendapatkan tanda tangan sang idola.

Bentuk lain dari “sentuhan personal” itu dapat berupa limited edition. Eksklusif dengan jumlah yang terbatas. Maka dalam hal ini “war” pun dapat terjadi untuk mendapatkan edisi terbatas tersebut.

“Sentuhan personal” pun bisa beragam bentuknya seperti ilustrator buku Wulang Sunu. Ia mengejawantahkannya dengan menggambar di halaman pertama buku yang sampulnya karya Wulang.

Sedangkan bentuk lainnya dari “sentuhan personal” di seni lukis, dapat berupa tanda tangan pelukis di lukisannya. Hal yang menunjukkan bahwa benar adanya karya itu merupakan buah karsa dari pelukis tertentu. 

Komen