Carian
Mendekat Dengan Alam, Dari Buku Hingga Kunjungan Langsung 
October 16, 2023 Arifin

Ada banyak cara untuk menghadirkan kepedulian terhadap alam. Bisa melalui medium buku cerita hingga melakukan kunjungan langsung ke lokasi tertentu.

Mencintai alam, dapat dilakukan sejak dini. Di antaranya dengan melalui pembacaan buku. Pada akhir pekan kemarin, kami sekeluarga beranjangsana ke perpustakaan Erasmus Huis Jakarta, terdapat sejumlah buku anak. Buku berbahasa Belanda bukanlah hambatan, manakala ditemui solusinya dengan menggunakan Google Lens.

Dengan Google Lens cukup dengan menggunakan ponsel, maka diterjemahkanlah buku berbahasa Belanda tersebut ke bahasa yang dimengerti pembaca. Terdapat dua buku yang menarik yang kami baca ketika itu. Buku pertama perihal kemana hewan ketika terjadi hujan. Sedangkan buku kedua tentang seorang anak yang diikuti oleh anjing laut. Anjing laut tersebut terpisah dari ibunya.

Kedua buku cerita tersebut menurut hemat saya dapat mengajarkan kepada anak untuk peduli terhadap satwa, terhadap alam. Disusun dengan premis yang “sederhana”, serta dapat mengajak anak untuk melihat lebih dekat, serta berinteraksi yang baik dengan satwa sebagai sesama penghuni bumi.

Mendekat dengan alam juga dapat diupayakan dengan melakukan kunjungan langsung. Seperti yang dilakukan Sobat Air Jakarta dengan menghelat kegiatan “Jelajah Satwa di #PesisirnyaJakarta” pada 15 Oktober 2023. Menaiki perahu, peserta dapat mengitari lokasi Suaka Margasatwa Muara Angke. Terdapat pemandu yang memberikan edukasi mengenai ragam satwa dan pesisir Jakarta. Peserta pun dengan menggunakan binokular/teropong, pandangan mata langsung, dapat berkesempatan bertemu dengan satwa di pesisir Jakarta.

Tentunya masih banyak ragam buku lain yang dapat membawa pembacanya mendekat dan mengenal alam. Pun begitu dengan ragam kegiatan yang dapat ditempuh untuk membawa seseorang pada interaksi yang lebih bersahabat dengan alam.

Komen