Carian
Cuaca Sedang Panas-Panasnya, Herbal Bisa Jadi Pilihan 
October 19, 2023 Arifin

Cuaca sedang panas-panasnya, langkah apa saja yang dapat dilakukan? Telahkah Anda melirik herbal sebagai solusi? Herbal memiliki efek menyejukkan (cooling effect) dan merehidrasi sehingga dapat menjadi pilihan asupan ketika cuaca panas.

Ketika seseorang berada di tempat dengan suhu panas, maka temperatur suhu tubuhnya akan ikut naik. Minum herbal, ditambah es akan membantu mendinginkan suhu tubuh. Tentunya pastikan es yang digunakan bersih dan berasal dari air matang.

Lalu herbal apa saja yang dapat “dilirik” saat cuaca panas? Basil atau kemangi, chamomile, alang-alang bisa menjadi opsi. Herbal-herbal tersebut bisa merehidrasi tubuh karena kaya cairan serta kandungan mineral termasuk di dalamnya elektrolit atau ion-ion tubuh.

Sebetulnya buah-buahan itu juga herbal karena berasal dari tanaman atau tumbuhan. Maka buah-buahan yang mengandung air yang banyak itu herbal yang bersifat merehidrasi dan menyejukkan.

Contohnya air kelapa. Minuman ini dapat merehidrasi, menyejukkan, mencegah dehidrasi serta kaya elektrolit.

Lalu, tak hanya herbal, namun juga air soda murni bisa membantu memberikan kesegaran dan kesejukan pada tubuh.

Selain herbal, air soda murni, ketika cuaca panas, direkomendasikan untuk minum air putih sekitar tiga liter per hari. Jumlah tersebut sebaiknya disesuaikan dengan kegiatan serta durasi saat berada di luar ruangan atau terkena matahari langsung.

Sumber: Antara

Komen