Carian
Faedah Mengonsumsi Teh Hijau 
October 20, 2023 Arifin

Teh hijau merupakan minuman populer yang bermanfaat. Selama ribuan tahun, teh hijau telah dikonsumsi dari generasi ke generasi.

Teh hijau bermanfaat untuk mengurangi peradangan. Peradangan merupakan reaksi alami tubuh terhadap cedera dan infeksi. Teh hijau memiliki profil antioksidan yang amat baik.

Teh hijau kaya akan polifenol, yang memberikan kontribusi sifat antioksidan serta anti-inflamasi tambahan pada teh hijau.

Berdasarkan studi penelitian di Ohio State University ditemukan ekstrak teh hijau menurunkan gula darah dan menurunkan peradangan dan permeabilitas usus baik pada orang sehat maupun orang dengan sindrom metabolik.

Mengonsumsi teh, bersamaan dengan pola makan yang menyehatkan jantung, bisa meningkatkan beberapa fungsi otak. L-theanine, asam amino dalam teh hijau, terbukti membantu meningkatkan fungsi otak dengan memperkuat daya ingat dan mengurangi kecemasan.

Teh hijau juga bermanfaat membantu melawan penyakit jantung dengan mendukung kolesterol sehat. Berdasarkan studi, teh hijau bisa menurunkan kadar gula darah serta membantu mencegah diabetes tipe 2.

Sementara itu, berdasarkan studi dari Journal of American Heart Association di tahun 2018 ditemukan teh memperlambat penurunan alami kolesterol lipoprotein densitas tinggi (HDL), yang dikenal sebagai kolesterol “baik”, seiring bertambahnya usia, dan mengurangi kolesterol rendah.

Teh hijau juga bisa membantu sebagai prebiotik serta memperbaiki lingkungan usus besar, meredakan gejala gangguan pencernaan dan meredakan kembung.

Sejumlah faedah teh hijau bagi kesehatan telah dipaparkan. Lalu adakah efek samping negatif bila mengonsumsi teh hijau terlalu banyak?

Terlalu banyak minum teh bisa menyebabkan kekurangan zat besi karena teh kaya akan tanin yang bisa mengikat zat besi dan mencegahnya diserap di saluran pencernaan.

Perlu diketahui, teh hijau tidak bebas kafein, serta mirip dengan minuman berkafein lainnya, mengonsumsi terlalu banyak teh hijau bisa menyebabkan gejala seperti kecemasan, kegelisahan, sakit kepala, mual, peningkatan detak jantung, kesulitan tidur.

Walau tiap orang memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda terhadap kafein, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat atau Food and Drug Administration (FDA) menyebutkan 400 miligram per hari, sekitar 10 cangkir teh hijau, sebagai jumlah maksimum kafein yang harus dikonsumsi orang dewasa sehat setiap hari.

Penting juga untuk diketahui, manfaat kesehatan dari teh hijau dapat berkurang dengan penambahan gula atau madu dalam jumlah berlebihan. Maka berhati-hatilah dengan jumlah rasa manis yang Anda tambahkan. Pertimbangkan untuk memilih seiris lemon guna menambah rasa tanpa tambahan gula.

Sumber: Eating Well, Antara

Komen