Carian
Mengupayakan Kebiasaan Baik 
October 20, 2023 Arifin

Membiasakan kebiasaan baik harus diupayakan, sehingga menjadi karakter serta budaya. Membiasakan itu lahir dari kegiatan yang dilakukan berulang kali, terus-menerus.

Contoh dari kebiasaan baik itu jika dipetik dari ingatan, bisa berupa memori saat bersekolah dahulu. Hal itu terkait kebiasaan bangun pagi dan tidur. Tidakkah Anda ingat bagaimana orang tua mewanti-wanti, menjaga agar tidur jangan sampai terlalu larut malam? Pun begitu dengan bangun pagi yang dibiasakan.

Kebiasaan tidur dan bangun tersebut, nyatanya sejalur dengan ilmu kesehatan. Dimana manusia membutuhkan waktu tidur yang cukup. Lantas adakah kebiasaan tidur dan bangun masa sekolah dulu masih diterapkan di diri pada era kini?

Kebiasaan baik juga dapat dilakukan dalam rentang kreativitas. Contohnya pada pekerja lepas yang tetap memiliki “jam kerja”. Dalam seharinya tetap mengalokasikan waktu misalnya 8 jam, untuk berkreativitas. Hal tersebut sekalipun pekerja tersebut berada di tempat yang berbeda, ataupun memiliki fleksibilitas waktu. Dengan alokasi waktu tersebut, disiplin bekerja, disiplin berkreativitas dilakukan.

Kebiasaan baik juga dapat dilakukan setiap hari ataupun berkesinambungan, serta terus-menerus. Ingin terampil menulis? Rajin-rajinlah menulis dalam keseharian. Ingin bugar, memperbaiki postur tubuh? Rajin-rajinlah melakukan olahraga. Ingin membekali diri secara finansial di masa mendatang? Berinvestasilah sejak sekarang, serta rutin dilakukan.

Dikenal proses akumulasi, serta menjadi terbiasa. Di samping itu ketika telah melekat kebiasaan baik, maka sepertinya ada yang salah jika tidak dikerjakan.

Dalam membiasakan kebiasaan baik, bisa jadi di awalnya akan mengalami resistensi baik dari diri, teman, keluarga, ataupun lingkungan. Namun, ketika seseorang telah mengetahui faedah dari kebiasaan baik itu, ia akan memulainya, serta mengerjakannya. Mungkin sesekali kendur, malas, hal yang lumrah. Namun, terus mengupayakan kebiasaan baik itu agar menjadi bagian dari karakter.

Komen