Carian
Menulis Membuatmu Lebih Peka 
October 23, 2023 Arifin

Seberapa sering Anda berkreativitas? Apakah hal tersebut menjadi rutinitas sehat yang kerap dilakukan? Di samping itu dengan berkreativitas, Anda pun akan rajin mengonsumsi bahan yang sekiranya relevan.

Dalam hal ini saya ambil contoh berkreativitas lewat tulisan. Untuk seseorang yang rajin dan kerap melahirkan tulisan, maka ia akan lebih peka, serta berupaya mengaktifkan segala panca indranya untuk merekam.

Seseorang yang kerap menulis, akan mencoba merekam apa yang dilihat, didengar, dihidu, dikecap, diraba dengan lebih baik agar dapat dituangkan dalam tulisan. Maka, ada ketekunan menyimak, kehadiran utuh, berfokus, serta menggunakan segala perangkat untuk merekam pengalaman yang ada.

Dalam hal ini, beberapa proses “perekaman” itu mungkin melelahkan. Namun, alangkah sayangnya jika “bahan tulisan” lewat begitu saja ataupun akhirnya menimbulkan sesal kemudian (bila tidak direkam dengan baik).

Menulis sebagai proses kreatif, uniknya, merupakan paduan dari apa yang dilihat, didengar, dihidu, dikecap, diraba. Lalu, menjadi ramuan, berupa tulisan. Maka, dari apa saja sesungguhnya dapat menjadi bahan tulisan. Dari percakapan acak dengan seseorang yang baru ditemui, musik yang didengar, film yang ditonton, buku yang dibaca, masakan yang dicicipi, aroma yang membangkitkan memori, dan sebagainya.

Menulis dengan intensitas yang kerap juga memungkinkan untuk mendokumentasikan banyak hal. Entah itu percakapan, bahan bacaan, pengalaman hidup, perjalanan, dan sebagainya. Seseorang pun akan lebih bersemangat untuk mengaktifkan panca indranya serta menelusuri informasi – dikarenakan ada kegiatan produktif yakni menulis.

Menulis juga menjadi representasi bahwa kita homo narrans, manusia yang bercerita. Dari bercerita, itulah dapat terungkap buah pikiran, buah perasaan. Menulis pun dapat menjadi metode penyembuhan tersendiri.

Dengan menulis secara kerap, seseorang juga akan terus belajar dan belajar. Menyerap dengan panca indranya, serta mengabarkan kembali dalam bentuk literasi

Komen