Carian
Cara Menjaga Dan Merawat Kain Tradisional Dengan Pewarna Alami 
October 24, 2023 Arifin

Menggunakan kain tradisional dengan pewarna alami kian diminati. Penggunaannya pun dapat digunakan dalam berbagai kesempatan. Maka kemudian yang tak kalah pentingnya adalah menjaga dan merawat kain tersebut.

Dengan demikian harapannya kain tradisional tetap tahan lama serta warnanya tetap awet. Perlu diketahui tenun alam tidak bisa dicuci di mesin cuci, dan hanya dicuci dengan air dingin, biasanya pakai sampo atau sabun bisa.

Sedangkan bila menggunakan detergen, jangan menggunakan detergen untuk cuci baju biasa, melainkan diganti dengan detergen berbahan organik.

Untuk mengeringkan kain tenun yang memakai pewarnaan alam, sebaiknya tidak langsung terkena sinar matahari karena dapat memudarkan warna aslinya. Lebih diangin-anginkan saja karena pewarna alam atau tenun kena matahari langsung dapat pudar warnanya.

Lalu, terkait disetrika, gunakanlah suhu yang sedang atau jangan terlalu panas. Sedangkan dalam menyimpan kain tenun agar tahan lama disarankan di tempat yang kering, tidak lembab. Dikarenakan kain dengan pewarna alam cenderung menimbulkan bau dan mengundang serangga datang.

Sumber: Antara

Komen