Carian
Tips Agar Anak Gemar Makan Ikan 
October 25, 2023 Arifin

Teruntuk orang tua yang ingin anak mereka menyukai ikan, maka dapat memperkenalkan salah satu pangan bergizi itu sejak mereka dalam kandungan. Cita rasa perlu dibangun sejak kehamilan. Berdasarkan penelitian, janin yang terbentuk sejak usia kehamilan dua atau tiga bulan, telah bisa menangkap bahwa dari plasenta cita rasa makanan sudah mulai terekam.

Lalu pada masa menyusui, ibu sebaiknya rutin mengonsumsi ikan. Direkomendasikan mengonsumsi ikan yang bermanfaat untuk perbaikan gizi, mencegah penyakit termasuk penyakit jantung koroner, demi kecerdasan anak.

Ibu ketika menyusui, cita rasa ikan masuk ke dalam air susu ibu (ASI). Ibu makan ikan maka anak merespons pernah merasakan cita rasa.

Lalu, setelah usia enam bulan atau masa pemberian makanan pendamping ASI (MPASI), anak dikenalkan hidangan ikan dalam tekstur cair, misalnya bentuk sup. Setelah usianya 8 bulan mulai dikenalkan ikan dalam tekstur lembut.

Perlu diketahui ikan memiliki tekstur lembut dan dapat diolah menjadi apa saja, mulai dari yang bersifat cair, bahkan sampai digoreng yang teksturnya lebih renyah.

Tips lainnya agar anak gemar makan hidangan ikan, yakni dengan membuat kreasi tertentu, contohnya sushi, bakso ikan, nugget, atau lainnya yang disukai anak.

Kepiawaian orang tua diperlukan dalam kreasi, misalnya sarden dibikin menu-menu yang disukai anak seperti dibuat bola-bola bakso ikan, spageti yang sekiranya anak sedang senang-senangnya makan itu, atau nugget. Jadi terdapat kreasi bentuk.

Jenis ikan yang dikenalkan pada anak sebaiknya beragam serta tak selalu harus ikan mahal, seperti ikan lele dan kembung yang bisa menjadi alternatif.

Sumber: Antara

Komen