Carian
Sejumlah Faedah Mengikuti Lomba 
October 26, 2023 Arifin

Adakah Anda gemar mengikuti perlombaan? Atau tak begitu tertarik untuk mengikuti lomba ini-itu? Pada beberapa hal disadari atau tidak, sesungguhnya seseorang dihadapkan dengan perlombaan, baik dengan sesama hingga dengan diri sendiri.

Perlombaan dengan diri sendiri dalam artian, berusaha menjadi lebih baik dibanding dengan sebelumnya. Lalu, bagaimana dengan perlombaan dengan sesama, apa saja faedahnya?

Dengan kian maraknya penggunaan media sosial serta arus informasi yang beredar – merupakan kesempatan bagi seseorang untuk mengikuti lomba ini-itu. Apakah harus menang? Normalnya seseorang ketika mengikuti lomba, memiliki asa untuk menang. Meski begitu mengikuti perlombaan tak sekadar untuk menang dan menang saja. Dikarenakan ada banyak hal yang dapat direguk dengan mengikuti lomba.

Faedah mengikuti lomba, di antaranya dengan mengetahui bahwa Anda tidak sendiri menyukai minat tertentu. Misalnya pada lomba olahraga, Anda akan mengetahui alangkah banyaknya orang lain yang juga menekuni minat olahraga tersebut. Di samping itu sebagai barometer, telah sampai dimana diri, serta menjaga diri agar tak seperti katak dalam tempurung.

Dengan sejumlah kompetisi yang diselenggarakan secara online serta menyertakan tagar, seseorang juga dapat belajar. Seperti pengemasan karya, keunikan cara pandang, dan sebagainya. Seseorang dapat mengetik tagarnya serta melihat karya peserta lainnya sebagai inspirasi serta wahana belajar.

Faedah mengikuti lomba juga membuat menyelami isu tertentu. Dalam lomba lazimnya terdapat tema, syarat dan ketentuan yang berlaku. Maka dari tema yang ada, sekiranya memilih perspektif yang mana, serta menelaah tema tersebut secara mendalam.

Ketika mengikuti lomba, peserta juga dapat untuk mencari tahu siapa jurinya, penyelenggaranya. Maka karya pun dapat disesuaikan dengan “warna” juri dan penyelenggara. Misalnya pada lomba penulisan, dengan mengetahui jurinya, contohnya seorang sastrawan. Maka membaca karya sastrawan tersebut dapat menjadi ide, perspektif, untuk menggarap karya yang akan dibuat. 

Komen