Carian
Citarasa Tempatan Adalah Kunci 
October 26, 2023 Arifin

Sejumlah jenama restoran yang telah mengglobal, turut beradaptasi serta memperhatikan citarasa tempatan. Seperti Shake Shack turut akan menawarkan menu minuman disesuaikan mengikut citarasa tempatan. Antara menu yang menarik termasuk ShackBurger®, Chicken Shack, ‘Shroom Burger, Crinkle-Cut Fries, Shakes dan Shack Attack sebagai menu tambahan eksklusif untuk pasaran Malaysia.

Menyesuaikan dengan lidah yang ada, maka terdapat menu tambahan eksklusif yang hanya terdapat di negara tersebut. Sesuatu hal yang familiar memang telah melekat. Maka tak mengherankan jenama global menyertakan hal familiar di suatu negara pada menu eksklusifnya.

Tak hanya pada kuliner hal tersebut berlaku, pada ranah kreatif pun terjadi. Misalnya pada film Yowis Ben, TILIK yang menggunakan bahasa Jawa. Isu lokal, bahasa lokal, masalah di daerah tersebut – ternyata ketika dibawa ke publik yang beragam menarik adanya.

Hal yang mirip-mirip pula dengan “Si Doel” yang berlatar Betawi – begitu populer diterima di publik yang beragam. Pun begitu dengan Upin & Ipin yang secara tempat berada di Kampung Durian Runtuh – berhasil diterima lintas negara, lintas bahasa.

Segala macam aksen “tempatan” menjadi karakter, eksotik, serta mengundang rasa ingin tahu. Maka dengan bantuan teknologi, sesungguhnya ide “tempatan” dapat tersebar dan dilirik oleh warga dunia.

Storytelling adalah wahananya. Serta tak perlu ragu untuk mengangkat isu “tempatan”, entah itu dalam tulisan, film, musik, kuliner, dan sebagainya. Kendala bahasa pun dapat dijembatani dengan penerjemahan ataupun perangkat teknologi lainnya.

Permasalahan “tempatan” dapat mengalun sampai jauh dan diterima secara luas, dikarenakan manusia baik dari timur, barat, utara, selatan, dari kota-desa, sesungguhnya memiliki nilai-nilai universal yang sama.

Komen