Carian
Sudahkah Benar Posisi Dudukmu Saat Pakai Komputer? 
October 27, 2023 Arifin

Posisi duduk yang tepat (ergonomis) dapat membantu mengurangi sindroma gangguan mata akibat penggunaan komputer. Maka posisi duduk, posisi kita di depan komputer harus ergonomis, tepat sesuai.

Lalu bagaimana kiranya posisi duduk yang tepat itu? Duduk tegak, jangan bungkuk, lalu jarak dan layar baiknya berjarak satu tangan kita. Dengan posisi duduk tersebut, dapat membantu mencegah Computer Vision Syndrome (CVS) yakni kumpulan gangguan ataupun gejala akibat peningkatan penggunaan gawai jangka panjang.

Lalu, tips selanjutnya, orang-orang dapat mengikuti aturan “20-20-20”, yaitu beristirahat setiap 20 menit selama 20 detik dan melihat sejauh 20 kaki, atau sekitar 6 meter. Cara tersebut juga amat membantu mencegah dan mengurangi CVS.

Atau bisa juga setiap 2 jam kita istirahatkan mata untuk tidak melihat gadget selama 12 menit.

Tips lainnya untuk mengurangi CVS dengan menyesuaikan penerangan di ruangan atau penerangan di gawai. Brightness dari laptop atau gawai diatur, agar jangan terlalu terang. Lalu, sebaiknya jangan ada pencahayaan dari belakang yang memantul ke perangkat gawai semisal laptop.

Sejumlah tips guna mencegah CVS tersebut layak menjadi pilihan, mengingat dalam keseharian kini, begitu lekat dengan gawai – seperti saat office hour, ketika di rumah dengan telepon genggam.

Sumber: Antara

Komen