Carian
Yang Tua Punya Cerita 
October 30, 2023 Arifin

Beberapa negara sedang menghadapi populasi umur usia tua yang meningkat. Lalu, timbul pertanyaan apakah pada hari tua lantas menjalani kehidupan yang monoton serta membosankan?

Nanti dulu, mari simak novel The Hundred-Year-Old Man Who Climbed Out the Window and Disappeared karya Jonas Jonasson.

Prinsip hidup yang dipegang tokoh utama dalam novelnya, Alan Karlsson yakni, “Jangan terlalu banyak berpikir, jalani saja hidupmu.” Hal yang sekiranya benar diterapkan oleh Alan semenjak muda.

Ketika tua dan telah menginjak usia ke-100, prinsip hidup tersebut masih dilakukannya. Ketika membuka jendela kamar panti jompo yang menghubungkannya dengan dunia luar, Allan secara impulsif memanjat jendela dan pergi meninggalkan panti jompo.

Peristiwa “menghilangnya” si tua 100 tahun serta prinsipnya untuk menjalani saja hidup, membawanya pada petualangan kejar-kejaran antara polisi, geng Never Again, serta melibatkan Allan.

Masih dari cerita seorang kakek, kali ini dari film A Man Called Otto. Film ini ternyata merupakan remake dari film Swedia berjudul A Man Called Ove yang juga merupakan adaptasi dari buku berjudul sama dari Fredrick Backman. 

Pada versi bukunya, dikisahkan kakek Ove adalah kakek yang penggerutu, mudah marah, jutek, dan dingin. Namun, sebenarnya hatinya lembut. Ia hanya tidak bisa mengungkapkannya secara terang-terangan, itu semua karena ia terbiasa hidup keras dan tegas.

Kisah pun bergulir dengan tetangga kakek Ove yang merupakan pasangan muda cerewet dengan dua putri cilik yang begitu ramai. Persahabatan, kejadian lucu pun terjadi antartetangga ini.

Masih dari yang tua punya cerita, film Up layak menjadi referensi. Seorang pria tua berumur 78 tahun, Carl Fredricksen yang berusaha mewujudkan mimpinya bersama istrinya untuk memiliki rumah di Paradise Falls. Petualangan pun didapatkan si duda tua tersebut bersama Russell, seorang anak yang semula berupaya mendapatkan lencana jasa “Membantu Orang Tua”.

Dari ketiga contoh cerita di atas, dapat menjadi pemantik, bahwa sekalipun usia telah tua, tak berarti hidup monoton dan membosankan. Terdapat kesempatan untuk berpetualang serta menemukan lembar cerita yang hangat lagi seru.

Komen