Carian
Belajar Untuk Menikmati Belajar 
November 6, 2023 Arifin

Mungkin ada miskonsepsi mengenai belajar selama ini. Bahwa belajar ditujukan untuk menjadi pintar. Bahwa belajar sebisa mungkin menjadi ranking – ranking 1 lebih baik dan diutamakan.

Dengan konsep tersebut, belajar dapat menjadi tekanan, miskonsepsi, serta dapat salah memosisikan diri. Belajar teramat mungkin sulit, rumit, namun prosesnya itu yang harus dilalui. Belajar untuk menjadi bisa.

Dengan konsep ‘belajar untuk menjadi bisa, becus’, maka bisa jadi seseorang akan lebih bersemangat dan lebih menikmati belajar. Seseorang akan berfokus pada dirinya, ketimbang membandingkan dengan orang lainnya yang lebih cepat progresnya.

Dengan konsep ‘belajar untuk menjadi bisa, becus’, maka rentang yang dipelajari pun menjadi luas. Cobalah daftar, hal apa yang sekiranya Anda belum bisa, belum becus, serta memiliki ketertarikan untuk mempelajarinya?

Untuk menjadi ahli, ‘rangking yang bagus’ – hal tersebut bisa jadi kombinasi dari talenta serta banyaknya waktu yang dihabiskan di keahlian tertentu. Sedangkan bagi Anda yang sekadar untuk menjadi ‘bisa, becus’, tidak masalah bukan sebenarnya? Yang terpenting ada setlist keterampilan lainnya yang ternyata Anda ‘bisa, becus’, unlock.

Dengan aneka kebisaan, kebecusan itu, memungkinkan Anda untuk berkembang, bersahabat dengan lebih luas.

Belajar hal baru, pada orang dewasa tak melulu harus bermuara pada materialistik; apakah akan menghasilkan uang bagi diri jika mempelajari keahlian ini? Menikmati belajar dan berprosesnya sendiri merupakan upaya untuk menjadi growth mindset.

Belajar hal lainnya juga membuat diri untuk mencoba, mencoba, berproses – suatu makna yang sekiranya akan berguna sebagai tool yang pada diri.

Komen