Carian
Tips Membuat Seni ‘Latte’ 
November 7, 2023 Arifin

Terdapat sejumlah cara membuat seni latte bagi para pemula, salah satunya dengan pengenalan terhadap bahan-bahan yang digunakan untuk membuat latte. Apa saja bahannya sih? Terdapat susu, kopi, serta beverage yang lain, seperti coklat dan sebagainya.

Pengenalan bahan untuk mendalami seni menciptakan pola atau desain di permukaan latte diperlukan karena setiap bahan memiliki jenis serta karakteristiknya masing-masing. Misalnya susu, memiliki beragam jenis, yakni fresh milk (susu segar), susu UHT (Ultra High Temperature), alternative milk (susu alternatif, seperti susu kedelai).

Tips berikutnya, agar dapat menjadi seniman latte yang bisa membuat minuman dengan rasa yang konsisten, kualitas serta takaran kopi yang digunakan harus diperhatikan.

Pemilihan alat-alat yang dipakai dalam proses pembuatan latte, seperti cangkir, milk jug (wadah penuang susu), mesin kopi, harus dilakukan dengan saksama agar para pembuat seni latte dapat bekerja dengan nyaman.

Bagaimana cangkir yang nyaman untuk pouring (menuang milk foam/busa susu di atas kopi) karena diameter serta ketinggian cangkir berpengaruh untuk kenyamanan saat menggambar.

Untuk milk jug, seseorang dapat menggunakan wadah dengan cerat yang agak lancip agar bisa menggambar berbagai bentuk yang mudah maupun sulit.

Tips lainnya, dengan memperhatikan setelan tekanan pada mesin kopi karena memengaruhi proses milk steaming atau memanaskan susu dengan semburan uap mendidih dari mesin kopi.

Mereka yang tertarik mempelajari seni latte juga dapat terus mengasah kemampuan saat melakukan steaming dan menggambar.

Latihlah kepekaan terhadap tekstur racikan kala melakukan steaming agar menghasilkan foam yang bagus, serta perhatikan kontrol dan kecepatan saat menggambar agar foam dapat digunakan meski tinggal tersisa sedikit.

Sumber: Antara

Komen