Carian
Ragam Cara Agar Lebih Banyak Bergerak Dalam Keseharian 
November 8, 2023 Arifin

Adakah seseorang menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak? Sebenarnya terdapat banyak cara untuk menambahkan aktivitas ringan ke dalam rutinitas harian. Salah satunya dengan melakukan apa yang disukai.

Lakukan apapun yang bersifat aerobik. Tak harus sulit dan repot. Seseorang dapat berjalan naik dan turun tangga. Berimprovisasi dan memanfaatkan apa yang tersedia untuk Anda.

Cara lainnya dengan melakukan latihan ringan seperti melakukan pekerjaan rumah tangga sehari-hari, berdiri dan menggerakkan tubuh selama jeda iklan, melacak langkah juga dapat menjadi cara yang bagus untuk melawan gaya hidup yang tak banyak bergerak.

Perlu diketahui, seseorang tidak perlu bergerak terlalu lama asalkan konsisten. Kuncinya yakni keterlibatan yang berkelanjutan, karena tubuh terus beradaptasi. Bila Anda menuntutnya untuk melakukan aktivitas, jantung akan beradaptasi sehingga dapat mempertahankannya seiring waktu.

Efek dari melakukan aktivitas fisik secara teratur sungguh menakjubkan serta dapat dibilang olahraga adalah pencegahan sekaligus pengobatan.

Timbul pertanyaan, mengapa gaya hidup tak aktif berbahaya? Intensnya menatap layar menghadirkan duduk dalam waktu lama yang terbukti merugikan kesehatan seseorang secara keseluruhan.

Bayangkan bila Anda tidur selama delapan jam dan kemudian duduk selama sembilan jam, Anda tidak banyak bergerak dan itu berdampak pada otot, tulang, sistem kardiovaskular.

Sistem otot berperan penting, terutama seiring bertambahnya usia, untuk fleksibilitas, keseimbangan, membatasi potensi nyeri punggung. Perlu diketahui, otot inti menahan tulang belakang dan panggul pada posisi yang benar, serta otot perut menahan benda pada posisi yang benar.

Bila otot-otot tersebut tidak berkembang atau kurang berkembang, kemungkinan besar seseorang akan mengalami sakit punggung karena tidak berdiri dengan benar. Hal tersebut juga dapat menyebabkan degenerasi tulang belakang dan masalah lainnya.

Berdasarkan sejumlah penelitian menunjukkan gaya hidup yang tak banyak bergerak dapat menyebabkan berbagai risiko kesehatan, meliputi penyakit kardiovaskular, risiko kanker, gangguan metabolisme seperti diabetes, hipertensi, dan bahkan depresi dan gangguan kognitif.

Sumber: Health, Antara

Komen