Carian
Membersamai Anak Dalam Menonton & Membaca 
November 8, 2023 Arifin

Momen kebersamaan bersama anak dapat dimunculkan dengan berbagai cara, di antaranya dengan menyertakan diri ketika ananda menonton dan membaca. Membersamai anak dalam menonton dan membaca, juga dapat menjadi quality control, filter, dari apa yang ditonton serta dibaca anak.

Nilai-nilai yang hendak diajarkan oleh orang tua bisa jadi berseberangan dengan tontonan anak. Sekalipun telah disetel dengan pembatasan tertentu, nilai-nilai yang sekiranya kurang klop masih bisa dicerna anak via tontonan. Itulah kiranya salah satu poin penting membersamai anak menonton.

Bila ada yang kurang pas dari tontonan, anak dapat diajak diskusi, bahkan bisa jadi untuk tidak lagi menyaksikan tayangan tersebut.

Menonton bersama anak juga menghadirkan ikatan, baik secara emosional serta pikiran. Ketika berbincang, bercengkerama, bercanda, dapat menggunakan dari apa saja yang menarik di tontonan.

Orang tua juga dapat belajar sesungguhnya dari tontonan anak. Dikarenakan ada muatan edukasi yang dikemas dengan storytelling. Contohnya edukasi hal-hal mendasar, seperti perilaku-perilaku baik yang kiranya berlaku universal pada segala umur.

Perihal membaca, orang tuadapat menceritakan apa yang dibacanya. Tentu sekiranya konten bacaan tersebut cocok untuk dicerna anak. Misalnya, saya mengikutsertakan anak untuk membaca berita (dimana foto-fotonya besar-besar dengan teks yang terbatas) perihal badak yang populasinya langka. Dikisahkan dalam koran, tentang baru lahirnya anak badak. Dari berita koran tersebut, kami pun bercerita, berdiskusi, tentang lingkungan, satwa langka, perburuan cula badak, dan sebagainya.

Sementara, untuk membersamai anak di buku anak, dapat dilakukan dengan read aloud, membaca sebelum tidur, melakukan aksi teatrikal memeragakan apa yang dibaca, dan sebagainya.

Komen