Carian
Melancong Dan Menikmati Aneka Transportasi 
November 9, 2023 Arifin

Adakah Anda gemar melancong? Jika dipikir-pikir, melancong tak sekadar soal tujuan, destinasi, melainkan cara mencapainya juga yang seru. Di situlah salah satu peran alat transportasi, untuk menghubungkan antardaerah.

Melancong sesungguhnya dapat sesimpel mengenalkan, merasakan pengalaman naik aneka alat transportasi. Hal tersebut menurut hemat saya jelas terlihat misalnya di akhir pekan; bagaimana sejumlah alat transportasi, dari segi populasi dipenuhi segmen keluarga.

Commuterline, MRT, LRT – menjadi sejumlah alat transportasi yang dituju. Pengalaman naiknya pun dapat dicacah, mulai dari perkara tiket, stasiun, dan sebagainya.

Di LRT, misalnya dengan melihat suasana kota dari ketinggian, menaiki transportasi berbasis rel tanpa masinis. Sedangkan MRT, misalnya dengan merasakan sensasi memintas bawah tanah.

Melancong dan pilihan transportasi, teramat mungkin memasukkan unsur pemandangan. Maka pemilihan waktu serta pilihan transportasi jadi penentu. Seperti misalnya dengan naik kereta api Jakarta-Bandung, dimana salah satu spot menariknya adalah Jembatan Cikubang. Jembatan yang telah berusia 116 tahun tersebut menyajikan panorama alam yang begitu indah.

Masih terkait Jakarta-Bandung, yang teranyar yakni kereta cepat Whoosh. Whoosh mempunyai kecepatan operasional sampai 350 kilometer per jam. Kereta Cepat Whoosh dapat menempuh jalur sepanjang 142,3 km dengan waktu tempuh hanya sekitar 45 menit.

Meski cepat, kenyamanan di gerbong pun didapatkan. Seperti stabilnya pergerakan, yang ditunjukkan dengan menaruh koin di pinggir jendela, tetap stabil dan tidak jatuh.

Sementara itu, melancong serta pilihan transportasi juga tak melulu tentang kekinian. Dengan titel melancong, salah satu yang dapat diperoleh melalui alat transportasi yakni menghidupkan kenangan. Maka sejumlah alat transportasi pun dapat menjadi pillihan kala melancong, seperti delman, becak. 

Komen