Carian
Cara Mengurangi Asupan Garam 
November 13, 2023 Arifin

Mengurangi natrium dalam makanan bukan berarti hal yang tak menyenangkan, karena terdapat sejumlah cara yang memungkinkan seseorang mengurangi asupan natrium tanpa mengorbankan rasa makanan.

Di antara caranya yakni dengan tidak menaruh tempat garam di atas meja selama waktu makan. Dengan cara tersebut, garam tidak terlihat dalam pandangan mata serta tidak ada dalam pikiran. Keharusan untuk bangun dari kursi guna mencari garam, merupakan penghalang yang cukup untuk mengurangi frekuensi penggunaannya.

Cara lain mengurangi asupan garam, dengan mengurangi natrium secara bertahap, bukan sekaligus, karena tindakan diet yang drastis sering kali tidak berhasil.

Cara lainnya yang dapat ditempuh, dengan membilas makanan kaleng seperti kacang-kacangan dan sayuran sebelum digunakan, atau memilih makanan segar bila memungkinkan. Pilihan seperti buah-buahan, sayuran segar, biji-bijian, protein tanpa lemak umumnya mengandung sedikit natrium.

Cara lain mengurangi asupan garam, dengan membaca label makanan untuk mengetahui berapa banyak natrium yang didapatkan. Produk dengan 5 persen atau kurang dari Nilai Harian (DV) dianggap rendah sodium, sedangkan makanan yang mengandung 20 persen atau lebih dari DV dianggap tinggi.

Cara lain mengurangi asupan garam, dengan membuat makanan eksperimen yang menyenangkan serta menarik dengan menguji bumbu dan rempah. Kerap, keduanya dapat digabungkan untuk menciptakan rasa lezat dan tidak membutuhkan banyak garam.

Menggunakan herba, rempah-rempah, dan perasa seperti jeruk, cuka, campuran bumbu bebas garam untuk menambah rasa sambil mengurangi garam.

Sumber: Mayo Clinic, Health, Antara

Komen